Pentingnya Plan Safety Close Circuit Untuk Kelancaran Event Balap Mobil!

Jum'at, 09/07/2021 21:01 WIB

mobilinananews (Jakarta) - Salah satu angle yang disampaikan pada Webinar IMI - FIA Grand Programme Return to Race pada Rabu (7/7/2021) kemarin adalah Safety Close Circuit.

Presentasi disampaikan Sigit Widiyanto sebagai anggota Komisi Safety Olahraga Mobil IMI Pusat, yang juga pelaksana balap mobil ETCC (European Touring Car Championship) di ISSOM Sentul 2021.

"Dalam sebuah event balap mobil, diperlukan Safety Close Circuit yang benar agar bisa berlangsung lancar dan sukses," ujar Sigit Widiyanto.

Disebutkan oleh Sigit Widiyanto, ada beberapa elemen penting yang termasuk dalam Safety Close Circuit.

"Yakni Race Control, Pit Lane, Marshall Pos, Signaling, Intervensi dalam lintasan, Layanan penyelamatan, layanan medis, Safety Car dan rekomendasi balapan malam hari," terang Sigit Widiyanto.

"Seperti di Race Control yang kalau di sirkuit Sentul International berada di tower lantai 4, di sana terdapat semua pemangku kepentinhan dari pimpinan perlombaan (CoC), semua koordinator lapangan dan operator CCTV," bebernya.

Marshall Pos ini sangat penting dan melibatkan banyak petugas, terdiri-dari petugas bendera, petugas lapangan, petugas pemadam kebakaran, petugas revocery dan petugas medis.

Signaling ini berupa bendera-bendera saat race yang jumlahnya ada beberapa dengan warna berbeda sesuai dengan fungsinya yang harus diketahui oleh pembalap.

Lalu, Intervensi Dalam Lintasan melibatkan Fast Intervention Car, Recovery Car dan Crane.

Layanan Medis terdiri-dari ambulance, tenaga medis di lintasan dan tenaga medis di medical centre.

"Kemudian, Safety Car masuk ke lintasan atas perintah pimpinan perlombaan, karena terjadi insiden kecelakaan di salah satu sektor yang menutup sebagian lintasan," terang Sigit Widiyanto.

Sedangkan Rekomendasi Balapan Malam Hari, lanjut Sigit Widiyanto yang pertama faktor pencahayaan lintasan, penempatan lampu penerangan serta tanda-tanda lintasan harus reflektif atau glow in the dark. (bs)

 

 

TERKINI
Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik!