Beda Karakter, Daihatsu Rocky dan Sirion Tak Saling "Memakan" di Pasar

Kamis, 15/07/2021 18:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mobil anyar Daihatsu Rocky dan Sirion memiliki beberapa kesamaan mulai modelnya yang mungil, sama-sama memiliki five-seater dan harga yang bersinggungan diangka 200 jutaan khususnya untuk Rocky 1.2 liter.

Berkaitan dengan hal ini, bisa saja kedua model ini saling memakan satu sama lain karena konsumen bisa saja berpindah dari Rocky ke Sirion atau sebaliknya, tentu dengan pertimbangan kemiripannya tersebut.

Melihat kemungkinan singgungan harga yang menimbulkan kemungkinan berpindah dari segmen satu ke yang lain, pihak Daihatsu menyatakan kemungkinannya sangat kecil karena sedianya, kedua mobil, baik Rocky maupun Sirion memiliki karakter yang berbeda.

"Harga Sirion dan Rocky bersinggungan di 200 jutaan. Dari sisi 5 penumpang, dua-duanya, sama-sama 5-penumpang. Tapi kita yakin bagaimana pun dampaknya berbeda. Dari bentuknya satunya city car dan yang satu SUV. Dua-duanya punya karakter yang berbeda sehingga, segmennya berbeda," kata Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso di Jakarta.

Ia menambahkan dengan perbedaan segmen yang ada, belum tentu ornag yang senang dengan SUV akan lari atau pindah ke city car. Demikian pula orang yang suka city car berpaling ke SUV. karena dari pengalaman yang ada biasanya, orang tidak mudah pindah ke satu segmen ke segmen lain, karena kebutuhannya.

Hal ini sedikit berbeda dengan Xenia dan Terios. Meskipun berbeda segmen yakni MPV sama SUV tapi dengan tampilan yang mirip dengan mengakomodir 7-seater sehingga ada yang kemudian berpindah.

Dari hasil survei, menguatkan adanya perbedaaan karakter dan segmen pada Rocky-Sirion sehingga orang tidak mudah berpaling atau pindah dari segmen yang satu ke segmen yang lain.

"Keduanya memang memiliki segmen yang berbeda. Benar, ada singgungan harga tapi data survei kami, terlihat singgungannya itu hanya 10 % - 15 %. Dan secara volume saat ini, Sirion tidak terlalu besar. Sehingga angka singgungan tidak terlalu kelihatan dan sangat kecil," terang Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra. (Elk)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060