F1 2021 Inggris: Pukul Balik Max Verstappen, Lewis Hamilton Serasa Jadi Juara

Sabtu, 17/07/2021 02:52 WIB

mobilinanews (Inggris) - Sabtu (17-7-2021) ini awal sejarah baru F1 ditorehkan. Kali pertama format sprint qualifying digunakan. Dua bintang, Lewis Hamilton dan Max Verstappen, berada di front row. Tarung nonstop tanpa pitstop sejauh 100 km, berebut pole position untuk race lanjutan esok hari.

Sukses mengalahkan lawan utamanya itu di Q3, Hamilton keluar dari mobil dengan kegirangan seolah jadi juara. Ia membayar kerja keras dalam beberapa jam setelah ditekuk pembalap Red Bull Honda itu di sesi latihan dengan telak, 0,780 detik.

Meski membalas dengan marjin hanya 0,075 detik, juara dunia bertahan itu merasa bangga karena proses pencapaiannya yang tak mudah.

"Usai latihan sesi pertama, tak ada yang duduk-duduk saja dalam tim kami. Kami gunakan simulator sebagai ajang latihan. Kami mengeksplorasi semua celah yang bisa digunakan dan ini hasilnya. Saya tak tahu apa yang mereka (Red Bull) lakukan sehingga bisa secepat di FP1. Kami hanya fokus pada pekerjaan kami," ucap Hamilton berapi-api sembari berkali-kali melambaikan tangan kepada penonton yang berjubel di Silverstone.

Pada sesi Jumat ini, tercatat 90.000 penonton hadir di Sirkuit Silverstone. Satu hal yang tak pernah terjadi sebelumnya. Kerumunan sebesar ini juga kali pertama di F1 sejak pandemi Coronavirus tahun lalu. Untuk raceday Minggu (18/7/2021) sudah terjual tiket 140.000 lembar.

"Saya bahagia melihat fans kembali datang berbondong ke sini, ke Silverstone. Tercepat di kandang sendiri selalu menyenangkan. Sudah lama kami tak merasakan suasana seperti ini. Ini saya persembahkan buat fans. Di tengah kerumunan penuh seperti ini Anda dapat merasakan energinya," imbuh andalan tim Mercedes itu di tengah sambutan para pendukungnya dari tribun.

Verstappen yang akan start bersebelahan dengan Hamilton, mengaku sedikit kecewa dengan hasil ini. Ia tak bisa melakukan serangan penuh, katanya karena mobilnya understeer di beberapa tikungan.

"Tapi saya tetap percaya diri, selisih waktu kami sangat tipis. Tak kalah penting mobil kami punya race pace yang meyakinkan," katanya.

Pernyataan Verstappen bisa menjadi indikasi kalau duel awal akan sengit dalam balapan mini berdurasi 17 laps atau sekitar 25-30 menit.

Ini layak diperjuangkan seluruh pembalap karena hasil finish pada sesi ini menjadi posisi start pada balapan utama di Minggu (18/7/2021). Kudu konsentrasi penuh karena celaka di sini berarti akan start dari belakang pada raceday.

Untuk pembalap yang bertarung berebut poin, sesi mini ini juga penting karena ada bonus poin untuk 3 pembalap terdepan. Masing-masing diganjar 3, 2, dan 1 poin untuk ditambahkan pada klasemen kejuaraan. Yang juara di sesi ini menjadi pemegang resmi pole position GP Inggris 2021.

Perhitungan poin untuk race Grand Prix-nya tak berubah dari yang selama ini berlaku, yakni 25 angka untuk juara dan bonus 1 poin untuk fastest lap.

Bagi Hamilton yang saat ini tertinggal 32 poin di klasemen sementara, semua itu tentu vital untuk direbut. Ada total 29 angka yang bisa ia rebut dalam dua kali ngegas di trek Silverstone kesukaannya.  

Untuk hal itu juga ia akan sangat butuh bantuan pembalap kedua Mercedes, Valtteri Bottas, untuk ikut menggulung Verstappen. 

Di sprint race Sabtu ini, Bottas akan start dari urutan 3. Bersebelahan dengan Charles Leclerc (Ferrari). Sedangkan Lando Norris (McLaren) akan berangkat dari urutan 6. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan