WRC 2021 Estonia: Yaris Unggul Telak, Pereli Muda Kalle Rovanpera Songsong Rekor Dunia

Minggu, 18/07/2021 03:13 WIB

mobilinanews (Estonia) - Minggu (18-7-2021) ini tinggal 6 Special Stage (SS) di hari terakhir Rally Estonia. Selangkah lagi Kalle Rovanpera akan catatkan rekor pereli termuda sedunia yang mampu memenangkan seri kejuaraan dunia reli, World Rally Championship.

Pereli muda  milik tim Toyota Gazoo Racing itu menciptakan peluang besar usai melakoni 18 SS hingga Sabtu (17/7) malam. Kalau sehari sebelumnya ia hanya unggul 8,5 detik dari lawan utama, Craig Breen (Hyundai), maka di hari kedua ia tingkatkan menjadi 50,7 detik. Selisih waktu yang relatif lebih mudah dimenej pembalap Finlandia berusia 20 tahun itu dalam 6 SS sisa.

Yang jelas posisi Rovanpera cenderung aman karena para pereli seniornya berada lebih jauh lagi di belakang. Thierry Neuvillle (Hyundai) berada di urutan 3 dengan gap 1 menit 20,9 detik. Juara dunia bertahan Sebastien Ogier yang notabene pereli utama tim Toyota Gazoo Racing berada di urutan 4 dengan selisih waktu 1 menit 38,8 detik dengan Rovanpera. Ogier sendiri seolah nyaman di posisi itu tanpa ngotot mengejar 3 pereli di depannya sepanjang Elfyn Evans berada di urutan 5. Pasalnya, sesama joki  Toyota Yaris ini yang bersaing di papan klasemen sementara.

Belajar dari pengalaman terdahulu yang justrui crash saat ia begitu percaya diri, Rovanpera tak ingin santai dan tak juga menyerang dalam enam SS berikutnya. Ia hanya perlu fokus pada Breen dengan memenej keunggulan waktunya sedemikian rupa. 

"Hari ini kami membuat jarak yang jauh lebih banyak dari kemarin. Tapi, masih banyak kilometer yang harus ditempuh. Kami tak boleh santai jmeski teorinya juga tak perlu tampil habis-habisan," kata Rovanpera yang berdomisil di Estonia dan dengan sendirinya akrab dengan trek yang disuguhkan ajang WRC ini.

Tahun lalu ia sempat beberapa saat memimpin reli ini. Namun akhirnya finish kelima karena masalah ban. Dengan performa Yaris WRC tahun ini yang lebih mantap maka wajar jika sejak awal ia melihat ada peluang juara di Estonia. Dan, peluang tu kini membentang.

Jika menang pada hari ini maka inilah kali pertama ia menjadi juara di level WRC sejak dipromosikan Toyota ke kelas utama. Sekaligus ini akan jadi rekor pereli termuda sepanjang sejarah yang memenangi serial lomba WRC. Ia mematahkan rekor lama atas nama rekan senegaranya, Jari-Matti Latvala yang ironisnya saat ini adalah Team Principal Toyota Gazoo Racing.

Latvala sendiri sejak awal sudah memperkirakan Rovanpera yang punya peluang menggusur rekornya dan ia bangga jika itu terjadi.

"Kalle berkembang sangat pesat. Estonia saya kira tempat yang ideal untuknya meraih kemenangan pertamanya di WRC," kata Latvala pada Jumat (16/7) lalu saat Rovanpera tampil trengginas dengan memenangi 7 dari 9 SS.

Kini di 6 SS sisa ia tak dituntut harus tercepat di semua sesi. Ia hanya perlu jaga jarak dengan Breen, maka rekor itu akan terwujud. (rnp)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!