Paten! Lexus Siap Hadirkan SUV Hybrid Berbasis Yaris Cross!

Jum'at, 30/07/2021 16:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Lexus bersiap-siap untuk mengembangkan 10 mobil baru yang terdiri dari tiga model yakni model hybrid, plug-in hybrid, dan BEV baru pada tahun 2025. Hal ini menguatkan kesan bahwa Lexus ingin cepat menuju dunia elektrifikasi.

Berdasarkan sebuah laporan baru dari majalah Jepang Mag-X, merek premium Toyota ini, ingin mengembangkan Sport Utility Vehicle (SUV) hybrid kecil yang berbasis pada Toyota Yaris Cross, yang aka dirancang untuk pasar Eropa, Jepang, dan Australia.

SUV mungil Lexus sebenarnya bukan baru dimulai. Pada tahun 2015 mereka telah mengembangkannya dalam desain LF-SA. Desas-desus ini, kembali menguat pada tahun 2020 setelah Toyota Yaris Cross premiere hadir. Beberapa bulan kemudian Lexus dengan merek dagang LBX berencana mengembangkan SUV.

Rencananya SUV baru Lexusu akan ditempatkan di bawah UX dalam lineup Lexus. Meskipun tidak begitu relevan untuk pasar AS, segmen ini cukup populer di Eropa, di mana hampir semua pembuat mobil menawarkan setidaknya satu mobil supermini dengan interior yang lebih lapang dan gaya petualang.

Lexus LBX dikabarkan akan memiliki dimensi yang sama dengan Toyta Yaris Cross, yakni berukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.560 mm.
Laporan tersebut mengklaim bahwa SUV Lexus akan didasarkan pada platform GA-B, menggunakan setup hybrid yang sama dengan Yaris Cross.

Ini berarti, SUV baru Lexus akan mengkombinasikan mesin tiga silinder 1,5 VVT-i dengan dua atau tiga motor listrik (AWD-i), yang menghasilkan tenaga 114 hp dan torsi 120 Nm.

Selain SUV kecil yang dikabarkan, Lexus telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan versi produksi dari konsep LF-Z Electric sebagai mobil listrik pertama mereka, yang berbagi platform dengan Toyota bZ4X yang akan datang. (elk)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman