Ketika Yaris ECOVan Jadi Mobil Kargo dengan Mesin Hybrid

Senin, 02/08/2021 09:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Yaris menjadi andalan Toyota pada pasar hatchback. Penngembangan terus dilakukan untuk tetap menarik minat konsumen. Beberapa waktu lalu Yaris generasi keempat sudah diluncurkan di Eropa.

Tak berhenti di sana. Ada juga varian Yaris ECOVan yang muncul di Spanyol sebagai kendaraan komersial ringan hibrida yang dibuat dengan menyediakan lebih banyak ruang kargo, untuk penyimpanan barang.

Hal ini menunjukan bahwa Yaris bukan sekedar mobil passenger, karena mobil mungil ini juga bisa memanfaatkan ruang kabinnya untuk mengakomodir kebutuhan sebagai kargo barang.

Dari sisi eksterior, Yaris ECOVan terlihat identik dengan supermini Jepang yang dinobatkan sebagai European Car of the Year 2021. Namun yang berbeda adalah bagian kabinnya. Mobil itu menghilangkan kursi belakang, sehingga memungkinkan ruang kargo meningkat secara signifikan.

Hasilnya, Yaris ECOVan dapat memuat 720 liter kargo, naik signifikan dari versi penumpang yang menampung 286 liter. Bagian lantai datar dengan luas permukaan 0,9 m³ terbuat dari kayu, dilapisi tikar karet yang tahan lama dan bertekstur.

Ada juga kisi-kisi partisi pengaman di bagian belakang kursi dan dudukan khusus untuk mengamankan barang-barang besar dan berat. Yaris ECOVan ini dapat menangani muatan berat kargo hingga 430 kg, yang setara dengan sebagian besar pesaingnya di segmen LCV setengah ton.

Inovasi ini menarik dengan pilihan mesin berbeda. Jika Yaris versi penumpang dijual di Eropa dengan mesin bensin 1,0 liter dan 1,5 liter, ECOVan tersedia secara eksklusif sebagai mobil hibrida, yang memungkinkannya untuk bergerak bebas di pusat kota Madrid.

Powertrain ini menggabungkan mesin tiga silinder 1,5 liter dengan motor listrik untuk output gabungan 114 hp dan torsi 120 Nm. Tenaga dikirim ke gandar depan melalui gearbox otomatis e-CVT.

Yaris ECOVan tersedia dalam dua level trim. Fitur standar yang dibawanya termasuk sistem Toyota Safety Sense ADAS, layar sentuh 7 inci untuk sistem infotainment, lampu depan LED, AC, dan velg 15 inci.

Ia juga mendapat fitur Active Tech menambahkan lampu belakang LED, layar sentuh 8 inci dengan kamera tampak belakang, smart entry dan keyless go, dan setir berbalut kulit, sehingga cukup mewah untuk sebuah mobil pengangkut barang

Yaris ECOVan lebih mahal daripada Yaris lima tempat duduk, dengan konversi menambahkan USD 1.535 atau Rp 22,1 juta ditambah PPN ke harga model dasar.

Ini berarti bahwa harganya seperti model LCV kecil mulai dari USD 27.587 atau Rp 398,5. Saat ini, Toyota Yaris ECOVan hanya tersedia di Spanyol. (elk)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!