Toyota Corolla Bertenaga Hidrogen Dipakai dalam Balap Endurance Autopolis di Jepang

Selasa, 03/08/2021 16:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota terus mendevelop kendaraan ramah lingkungan, tidak hanya untuk mobil passenger tetapi juga mobil balap.

Kali ini, sebuah Toyota Corolla bertenaga hidrogen telah menyelesaikan balapan ketahanan Super Taikyu selama lima jam di sirkuit Autopolis, Jepang.

Mobil balap Toyota Corolla ini finish di urutan ke-43 dari 44 pembalap yang diklasifikasikan dalam lomba ketahanan. Pembalap yang menjajalnya adalah Takuto Iguchi, Takamitsu Matsui dan Masahiro Sasaki.

Presiden Toyota Gazoo Racing, Koji Sato mengatakan banyak hal ditambahkan pada spesifikasi mobil hidrogen ini, agar dapat meyelesaikan balapan dan mereka menyiapkannya dengan baik.

“Kami dapat menyelesaikan Fuji 24 Hours, tetapi hanya setelah mengalami banyak masalah. Balapan ini bertujuan untuk meningkatkan keandalan mobil. Kami benar-benar mengubah spek mesin sejak balapan di Fuji. Jadi akselerasinya meningkat 9%, bobotnya berkurang 40 kg, dan beberapa pengaturan telah diubah, seperti ketinggian roll center, ” kata Koji Sato seperti dikutip motorsport.

Mobil balap Corolla bertenaga hidrogen ini mengemas mesin tiga silinder segaris 1,6 liter turbocharged dari mobil jalan raya GR Yaris. Meskipun demikian, ia telah diadaptasi untuk berjalan dengan hidrogen terkompresi, bukan bensin.

Dalam bentuk produksi standar, mesin bensin G16E-GTS menghasilkan 261 PS pada 6.500 rpm dan 3.000 hingga 4.600 rpm dalam uji coba standar Eropa, yang lebih rendah 11 PS dan 10 Nm pada model pasar Jepang.

Perbaikan lebih lanjut datang dalam bentuk peningkatan laju aliran bahan bakar yang meningkatkan pengisian bahan bakar sebesar 40%.

Di babak kualifikasi, Corolla bertenaga hidrogen menempati urutan ke-37 dari 49 pesaing dengan lap terbaik dua menit 9,992 detik, lebih dari dua detik di depan kualifikasi kelas ST-5.

Balap mobil hidrogen Toyota, masuk dalam kategori ST-Q dalam ORC Rookie Racing. Mereka menyelesaikan 27 lap.

Dalam balapan ini ada McLaren 720S GT3 yang didukung oleh Floral Racing ABSSA Motorsport yang dikendarai oleh Keita Sawa, Teruhiko Hamano dan Shintaro Kawabata. (elk)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!