F1 2021 : Podium Vettel Resmi Dianulir, Hamilton dan Sainz Untung Besar!

Jum'at, 13/08/2021 00:33 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tim Aston Martin batalkan permohonan banding atas diskualifikasi FIA terhadap Sebastian Vettel yang finish runner up di GP Hungaria.

Race GP Hungaria yang rusuh akibat tubrukan beruntun selepas start, harus melakukan restart setelah balapan dihentikan sementara.

Pada race lanjutan ini, Vettel sukses besar membawa mobil AMR 21 finish P2 di belakang Esteban Ocon (Alpine) yang jadi juara.

Nahas, eks pembalap Red Bull dan Ferrari itu lantas didiskualifikasi stewards gara-gara stok bahan bakar dari mobilnya tak sesuai regulasi.

FIA yang melakukan pengecekan hanya mampu mengeluarkan 0,3 liter bahan bakar dari tangki mobilnya. Sesuai ketentuan, FIA harus bisa ambil 1 liter. Karena hal ini, ia langsung dicoret dari hasil GP Hungaria.

"Itu hanya karena pipa yang macet sehingga FIA hanya dapat 0,3 liter. Sesungguhnya masih ada sisa 1,7 liter saat finish. Jadi, usai diperiksa FIA masih ada 1,4 liter," protes tim Aston Martin saat itu sembari ajukan gugatan resmi.

Singkat cerita, Aston Martin tak bisa ajukan bukti signifikan saat mengajukan berkas banding ke FIA pada Senin lalu. Dan, hari ini mereka resmi menarik gugatan yang harusnya disidang FIA pada Senin depan.

Alasan Aston Martin, ada proses kimiawi yang membuat sisa 1,4 liter itu menguap dan memutuskan cabut gugatan. Mereka anggap percuma banding karena tak punya bukti riil yang diminta FIA.

Dengan dicoretnya Vettel, Lewis Hamilton yang harusnya P3 naik menjadi runner up. Poinnya pun bertambah dari seharusnya 15 menjadi 18. Di sisi lain, Max Verstappen yang aslinya finish P10 juga naik ke P9 dengan tambahan 2 poin. 

Meski sama-sama dapat ekstra poin dari kasus Vettel, tetap saja Hamilton lebih diuntungkan pada klasemen pembalap. Ia dapat 2 ekstra poin dibandingkan Verstappen yang hanya 1.

Hamilton dan Verstappen selama ini berburu poin dengan keras karena sadar 1 poin pun sangat krusial pada level kompetisi yang keras musim ini. Satu angka saja bisa menjadi vital di akhir kejuaraan.

Pembalap Ferrari Carlos Sainz juga ikut diuntungkan. Ia naik dari P4 ke podium ketiga. Dan, ini adalah podium perdananya bersama Ferrari. Sebuah catatan sejarah pribadi di tim Italia itu.

Sayangnya, ia tak ikut dalam perayaan podium. Tak ada sesi foto podium yang ia miliki. Tak lain karena podiumnya adalah muntahan dari kasus sial Vettel dan Aston Martin. (rnp)

 

TERKINI
WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Eshark Rok Cup 2024 : Rafie Farhan Siddiq Rebut Trofi Juara 2 Entry Level, Sebelumnya Hanya Juara 5