MotoGP 2021 : Tragis, Nasib Tim Malaysia Ini Cepat Melambung dan Cepat Juga Tenggelam!

Jum'at, 13/08/2021 21:58 WIB

mobilinanews (Austria) - Isu panas sedang beredar di paddock MotoGP. Petronas, perusahaan minyak Malaysia yang menjadi title sponsor tim Sepang Racing Team (SRT) dikabarkan bakal mundur pada akhir musim 2021. Akibatnya, tim SRT di Moto3 dan Moto2 juga harus bubar untuk menyelamatkan tim MotoGP-nya.

Isu ini berawal dari laporan autosport.com yang kemudian dikembangkan beberapa media lainnya. Hantaman pandemi Coronovirus sejak awal musim 2020 dinilai jadi pemicu masalah keuangan yang kini dihadapi Petronas sebagai sponsor utama SRT.

Sejauh ini, belum ada tanggapan apa pun dari manajemen tim Petronas Yamaha Srt soal isu itu. Motorsportweek.com yang mencoba konfirmasi hanya mendapat jawaban bahwa `manajemen tim akan bicara pada saatnya nanti`.

Tanpa dukungan Petronas sebagai sumber keuangan utama, SRT diperkirakan akan membubarkan tim Moto3 dan Moto2 yang selama ini dibangun sebagai ajang pembinaan calon pembalap MotoGP-nya.

Jika berita itu benar maka apa yang dialami tim Malaysia ini sungguh tragis. Jatuh ke jurang dalam pada musim 2021 setelah berjaya pada periode 2019 dan 2020.

Setelah membangun tim Moto3 dan Moto2, pada akhirnya SRT sampai di MotoGP menjadi tim satelit Yamaha, Lahirlah tim Petronas Yamaha Srt dengan dua rider muda, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, yang cepat meroket.

Dari yang tadinya bukan siapa-siapa, Quartararo langsung jadi perhatian di debut MotoGP-nya. Ia 7 kali naik podium dan enam kali pole position, menjadikannya rookie of the year.

Musim 2020, duet pembalap itu menyumbang enam kemenangan buat Yamaha. Morbidelli runner up musim 2020 di bawah Joan Mir (Suzuki) sebagai juara dunia.

Dan, musim ini jadi musim terburuk Petronas Yamaha Srt. Quartararo naik ke pabrikan Yamaha, bertukar tempat dengan Valentino Rossi. Prestasi tim jauh menurun dari dua musim sebelumnya.

Semakin apes karena dalam penderitaan itu Morbidelli justru absen setidaknya pada tiga race akibat cidera dan digantikan Cal Crutchlow mulai seri Austria.

Rossi lebih parah lagi, terdampar di urutan 19 klasemen sementara dan beberapa hari lalu akhirnya umumkan diri akan pensiun.

Pukulan lain diterima tim asuhan Razlan Razali yang mantan direktur Sirkuit Sepang ini. Morbidelli akan naik ke tim pabrikan musim depan menggantikan Maverick Vinales yang mundur.

Karena Rossi juga pensiun maka SRT harus mencari dua pembalap baru musim depan. Dua pembalap Moto2 yang mereka incar, Marco Bezzecchi dan Raul Fernandez, pasti gagal karena keduanya sudah punya opsi berbeda. Bezzecchi ke tim baru milik Rossi dan Fernandez ke tim KTM Tech3.

Sekali lagi, jika berita itu dan benar pula tim SRT di Moto3 dan Moto2 dibubarkan maka 4 joki dari tim yunior inilah yang berpeluang membesut SRT musim depan. Mereka adalah John McPhee, Darryl Binder di Moto3 serta Xavi Vierge dan Jake Dixon di Moto2. Yang punya peluang Binder dan Dixon.

Dan, tanpa Petronas, akan seperti apakah tim Malaysia ini tahun depan setelah pamornya melambung dalam dua tahun terakhir? (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Prestasinya GIIAS 2024 Jadi Pameran Terbesar, Ada 11 Hall Untuk Show Kendaraan Hingga Aftermarket