MotoGP 2021: Sudah 7 Juara Berbeda dari 11 Race, 3 Pembalap Ini Berpeluang Jadi Juara ke-8!

Rabu, 18/08/2021 01:01 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Gemuruh balap MotoGP masih seperti tahun lalu, sangat keras dalam persaingan. Dari 11 race yang sudah berjalan muncul 7 nama juara yang berbeda. Dengan 8 sisa balapan musim ini sangat mungkin muncul juara ke-8, 9 bahkan 10.

Ketatnya persaingan dibuktikan oleh ke-7 kampiun itu yang berasal dari 5 tim berbeda. Luar biasa? Bandingkan dua tahun lalu dan ke belakangnya yang pemenangnya itu ke itu saja.

Bandingkan juga dengan gemuruh balap F1 yang juaranya juga itu ke itu saja.

Musim ini yang sudah mencicipi status juara adalah Maverick Vinales dan Fabio Quartararo (Yamaha), Jack Miller (Ducati), Marc Marquez (Honda), Jorge Martin (Pramac Ducati), dan duet Miguel Oliveira - Brad Binder dari skuad pabrikan Red Bull. 

Tahun lalu, terdapat 9 pemenang dalam satu musim kompetisi, sama dengan musim 2019. Tahun ini sangat terbuka kemungkinan meraih angka 9 itu, bahkan membuat rekor baru jadi 10 juara dalam satu musim.

Sejauh ini, terdapat 3 pembalap yang belum mencicipi P1 tetapi sangat berpotensi meraihnya dengan tolok ukur performa sepanjang 11 race awal. Ketiganya juga penantang rutin ke zona podium.

Mereka adalah juara dunia bertahan Joan Mir (Suzuki), Francesco Bagnaia (Ducati) dan Johann Zarco (Pramac Ducati). Kebetulan ketiganya juga penghuni grup 4 Besar klasemen pembalap bersama Quartararo sebagai pemimpin klasemen. Ketiganya wajib meraih kemenangan agar tetap berada dalam jalur perebutan gelar.

Ketiganya juga punya motivasi tinggi meraih P1. Kalau Bagnaia dan Zarco ingin pecah telor dengan menjuarai seri MotoGP untuk kali pertama, maka Mir butuh kemenangan untuk membuka jalan mempertahankan gelar dunia yang diraih tahun lalu.

"Saya butuh dua atau 3 kemenangan untuk bisa pertahankan gelar. Itu kuncinya," sebut Mir yang sejak GP Styrian memiliki motor yang lebih kompetitif berkat perangkat baru yang diciptakan Suzuki di GSX-RR.

Tak ada yang tahu siapa dari ketiga pembalap itu yang akan menjadi juara kali kedelapan musim ini. Bisa mereka dan bisa juga nama yang berbeda.

Banyak hal tak terduga bisa terjadi di MotoGP, seperti halnya kemenangan KTM lewat Oliveira dan Binder, juga kemenangan Martin.

Ronde selanjutnya MotoGP geser ke Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 25-27 Agustus 2021. Akankah di sana giliran Mir, Bagnaia atau Zarco?

Atau justru milik Alex Rins yang sejauh ini belum berhasil main rutin di baris depan. Pasalnya, rider Suzuki ini adalah pemenang GP Inggris yang terakhir berlangsung 25 Agustus 2019.

Tahun lalu, tak ada GP Inggris karena pandemi Covid-19 yang tengah gila-gilaan di negeri itu. Dan, jika hujan di Silverstone, maka di luar semua nama di atas juga bisa jadi pemenang kali ke-8. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman