TTI Bakal Dilebur ke Toyota Gazoo Racing, Fitra Ditama : Kami Sudah Diberi Tahu Plannya

Jum'at, 20/08/2021 10:29 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Masuknya brand Toyota Gazoo Racing (GR) ke Indonesia di bawah PT Toyota Astra Motor (TAM) membawa konsekuensi terhadap Toyota Team Indonesia (TTI).

"Ya arahnya ke sana, (TTI) dilebur ke Gazoo Racing. Tapi tidak banyak yang berubah sih. Manajemen dan pembalap juga di bawah TTI. Justru akan diperkuat dan dikembangkan lagi," ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing direktur PT Toyota Astra Motor (TAM). 

Jika selama ini beraktivitas di cabang olahraga motorsport balap mobil ISSOM dan slalom auto gymkhana, lanjut Anton Jimmi kemungkinan juga akan masuk ke cabang olahraga motorsport lainnya. 

Terkait TRD yang selama ini juga sudah mensupport dan menyatu dengan TTI sebagai pemasok urusan teknis, lanjutnya, kemungkinan juga akan tetap.

"Kan sekarang juga sudah berubah, bukan lagi TRD Indonesia. Sehingga bisa saling support. Namun induknya di Toyota Gazoo Racing," terang Anton Jimmi.

Keberadaan Toyota Gazoo Racing di Indonesia sendiri sebenarnya agak di belakang dibanding negara Asia Tenggara lainnya. Pasalnya, Filipina, Thailand hingga Malaysia telah lebih dulu eksis. 

"Nanti segera kami update terkait Toyota Gazoo Racing Indonesia karena keberadaannya tak lepas dengan mobil sporty dan motorsport yang sudah berkiprah di event dunia seperti World Rally Championship, World Endurance Championship hingga Dakar Rally," terang Anton Jimmi.

Dimas Aska selaku Interactive Communication Department Head PT TAM menyebutkan bahwa embrio Toyota Gazoo Racing ini sudah cukup lama. 

"Kalau ingat, beberapa tahun lalu, Demas Agil dari TTI mengikuti ajang balap endurance Toyota Gazoo Racing di Thailand," ungkap Dimas Aska.

Meski begitu, tidak mungkin juga akan dijalankan di tahun ini. "Kan secara registrasi sudah jalan. Dan, kami tetap butuh TTI sebagai profesional team dan basic Toyota Gazoo Racing," lanjut Dimas Aska.  

Sementara itu Dimitri Fitra Ditama selaku manajer operasional TTI juga sudah berkomunikasi dengan TAM.

"Iya, kita sudah tahu plannya. Dan bridgingnya udah dari sekarang. Tapi mungkin akan full di tahun depan," ujar Fitra Ditama.

Yang jelas, TTI menyambut antusias dan positif dengan masuknya brand kelas dunia Toyota Gazoo Racing. (bs) 

 

 

TERKINI
Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia