Inovatif dan Nyaman, Xpander Jadi Andalan Penjualan Mitsubishi di Indonesia dan Dunia

Minggu, 22/08/2021 01:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sejak hadir di tahun 2017, penjualan Xpander langsung meledak. Perpaduan kenyamanan ala MPV dan desain tangguh khas SUV membuatnya menjadi pilihan baru bagi konsumen mobil keluarga di Indonesia.

Baru-baru ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis bahwa mereka menjadi penyumbang terbesar untuk penjualan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di skala global pada kuartal pertama 2021. Total penjualannya 26.397 unit, atau berkontribusi 11.5% secara global.

Capaian ini tentu membanggakan. Ada model-model yang tercatat sebagai kontributor tersebut. Misalnya Duo Xpander yang mencatat penjualan 49%, Pajero Sport 20%, dan L300 23%.

Dalam berbagai catatan penjualan, Xpander selalu mendominasinya, baik secara global maupun di rumah sendiri. Di pasar global Xpander dan Xpander Cross menyumbang 54%. Sementara untuk pasar domestik, duo Xpander berkontribusi 49%. Hal ini tentu bukan baru bagi Xapnder.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales Xpander pada tahun 2017 tercatat sebesar 11.890 unit. Angka ini melonjak 84,1 persen pada tahun 2018 menjadi 75.075 unit.

Angka penjualan ini membuat Xpander menjadi model terlaris kedua setelah Toyota Avanza. Pada tahun 2019, penjualan Xpander sedikit mengalami penurunan dengan total 62.666 unit. Namun ia tetap menjadi pemimpi penjualan di merek Tiga Berlian itu.

Pada tahun 2020, penjualan Xpander lebih tinggi, dengan hadirnya Xapnder Cross. Total penjualan domestik Xpander, termasuk Xpander Cross, hingga Juni 2020 mencapai 159.603 unit, sehingga cukup membantu Mitsubishi pada awal-awal krisis karena Covid-19.

Berkaitan dengan kontribusi Xapnder ini, Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan mereka akan terus berinovasi untuk memberikan, kendaraan yang mengakomodir kebutuhan masyrakat, seperti yang ada pada Xpander.

“Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisinya sebagaimodel favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia. Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini, dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya," Ungkap Nakamura, baru-baru ini.

Xapnder juga semakin diterima oleh masyarakat karena berbagai penghargaan sebagai produk inovatif dari Mitsubishi. Mobil ini pernah meraih Car of The Year dari media nasional dan asosiasi wartawan otomotif di Indonesia, dan berbagai penghargaan lainnya. (elk)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Yang Diangkut Pesawat ke Malaysia, Ternyata Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Segera Download Aplikasi GASPOLL by IMI, Dan Dapatkan Banyak Benefit Dengan Memiliki KTA IMI PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24