F1 2021: Harap-Harap Cemas Bottas, Mercedes Segera Ambil Keputusan Penting!

Minggu, 22/08/2021 22:38 WIB

mobilinanews (Inggris) - Nasib Valtteri Bottas tak kunjung jelas. Tadinya nasibnya di tim Mercedes akan diumumkan di GP Inggris dan ternyata tidak. Ditunggu pas libur musim panas, ternyata juga tidak. Bulan depan, mungkin!

Team Principal Mercedes Toto Wolff membuat janji baru siapa pendamping Lewis Hamilton dalam line up Mercedes 2022 akan ditentukan pada September.

Ia tak menyebut tanggal, tapi itu bisa berarti setelah melihat kembali peforma Bottas di seri GP Belgia pada akhir Agustus ini. Atau bisa juga setelah GP Belanda dan Italia pada 5 dan 12 September.

Isu yang berkembang dan tak berubah sampai saat ini driver Finlandia itu akan digantikan George Russell, pembalap muda binaan Mercedes yang kini dititipkan di tim Williams.

"Kami harus pertimbangkan matang-matang antara stabilitas yang dimiliki Valtteri dengan bakat yang dimiliki George. Ini yang akan menentukan masa depan," kata Wolff dalam wawancara terbarunya dengan formulanerds.com.

"Saya ingin masalah ini selesai pada September. Agar mereka berdua bisa memposisikan dan persiapkan diri ke musim depan," imbuhnya.

Stabilitas yang dimaksud Wolff adalah peran Bottas yang sejak 2017 menjadi anak manis dalam tim Mercedes. Ia tak pernah konflik dengan Lewis Hamilton dan dengan solliditas keduanya membawa Mercedes memborong semua gelar pada kurun waktu itu. Stabilitas itu juga mengacu pada keinginan Hamilton agar tetap berduet dengan Bottas.

Di sisi lain, Russell sudah 3 tahun menunggu kesempatan untuk meneruskan kiprah menjadi suksesor Hamilton saat juara dunia 7 kali ini pensiun yang diperkirakan pada akhir musim 2023. Itu sesuai kontrak baru yang sudah diteken.

Bottas sendiri tak cukup kompetitif musim ini. Dari 11 race yang sudah digelar, belum sekali pun mencetak kemenangan dan berada di urutan 4 klasemen.

Sialnya, di GP Belgia akhir bulan ini bakal sulit pula baginya membidik kemenangan. Pasalnya, ia terkena penalti grid mundur 5 posisi akibat jadi penyebab kecelakaan beruntun di GP Hungaria lalu.

Jika seri ini masuk dalam daftar penilaian Wolff, maka hampir dipastikan posisinya semakin rawan digantikan Russell.

Hubungan Wolff dengan Bottas  musim ini tak seharmonis sebelumnya. Bottas sudah mulai berani menentang team order yang acap dimainkan Mercedes untuk menguatkan Hamilton di kejuaraan dunia. 

Kalau mengikuti rumor, maka media Inggris menyebut sebetulnya sudah ada kesepakatan anatara Wolff dengan Russell untuk 2022.

Hanya tinggal menunggu momen tepat untuk menyingkirkan Bottas, yakni pada saat performanya di bawah standar.

Jika Wolff tepati janji ambil keputusan pada September, maka tinggal menanti apakah ini bakal jadi September kelabu atau ceria untuk Bottas. (rnp)

 

   

 

 

 

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!