2 Hal Sebabkan Rumah Lampu Berembun, Bagaimana Antisipasinya?

Kamis, 19/11/2015 16:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pernahkah anda mendapati rumah kaca lampu berembun seperti yang tampak pada gambar diatas? Embun pada kaca mobil selain tidak sedap dilihat, juga dapat membuat pedaran sinar pada lampu tidak optimal. Timbulnya dikarenakan didalam rumah lampu terdapat uap air yang masuk karena disebabkan oleh beberapa hal.

“Embun bisa tercipta karena adanya uap air yang tertinggal dan karena ada perbedaan suhu maka timbulah embun pada kaca, terlebih sekarang sudah musim hujan. Masuknya unsur air bisa disebabkan karena umur reflector sudah lama sehingga karet seal atau lem mika kering dang etas yang mengakibatkan keretakan sehingga ada celah air untuk masuk. Factor kedua bisa dikarenakan karet head lamp tidak terpasang sempurna sehingga air bisa masuk dari celah karet yang berfungsi membuat rumah lampu kedap air,” ujar Joe, Research & Development lampu Autovision.

Menurutnya pengguna mobil yang melakukan modifikasi lampu dengan pemasangan kembali rumah lampu dengan tidak sempurna juga berpotensi masuknya air. Jika sudah berembun bisa segera lakukan antisipasi baik dengan cara yang mudah hingga melakukan pembongkaran.

Langkah sederhananya bisa dengan membuka karet kedap udara di bagian belakang rumah lampu. Jika sudah dibuka maka hembuskan udara panas menggunakan heatgun atau bisa juga menggunakan hairdryer rambut, setelah embun menghilang segera tutup karet udara, pastikan karet terpasang dengan benar. Namun langkah antisipasi yang dapat dilakukan sendiri di rumah ini bisa jadi tidak berlangsung lama, karena suatu ketika embun pasti akan kembali.

“Uap air yang berukuran micron saja jika tertinggal akan menghasilkan uap, langkah menggunakan heatgun sifatnya sementara. Jika ingin hilang secara permanen harus melakukan pembongkaran rumah lampu dan harus ditangani oleh ahli karena membuka dan memasang rumah lampu bukanlah hal yang mudah dan harus dilakukan dengan teliti,” ungkap Joe kepada mobilinanews.

Langkah yang dilakukan oleh Joe ketika menghadapi masalah embun pada rumah lampu, setelah membongkar mika atau kaca lampu, semua bagian dipanaskan dengan heatgun agar air menguap. Setelah itu ia akan membasuh semua bagian rumah lampu menggunakan kain kering berbahan katun, kemudian melakukan pengeleman kisi-kisi mika dan rumah lampu menggunakan lem khusus secara merata.

Ditekankan olehnya, sejauh tidak ada retakan pada mika lampu dan rumah lampu terpasang sempurna, maka dijamin lampu mobil tidak akan berembun lagi.

1

Buka karet penutup headlam lalu hembuskan hawa panas gunakan heatgun atau hairdryer

2

Jangan coba buka mika sendiri, salah-salah bisa pecah, harus ditangani oleh ahlinya

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik