Jaguar Land Rover Menarik Lebih dari 111 Ribu Mobil karena Risiko Kebakaran

Kamis, 26/08/2021 12:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jaguar Land Rover telah mengeluarkan pengumuman penarikan atau recall untuk dua model Land Rover karena masalah yang dapat memicu kebocoran bahan bakar.

Penarikan tersebut berdampak pada model Range Rover Sport 2010-2013 dan Land Rover LR4 2010-2016 yang dilengkapi dengan mesin bensin V8 5.0 liter V8 dan V6 3.0 liter.

Penarikan dilakukan karena pabrikan asal Inggris ini tidak ingin hal buruk terjadi pada penggunanya.

Carscoops dalam laporannya mengungkapkan sebanyak 55.555 model Land Rover LR4 terlibat sementara ada juga 56.191 model Range Rover Sport yang terlibat.

Investigasi dari pabrikan mobil telah mengungkapkan bahwa flensa atau pipa pada tangki bahan bakar dapat mengalami keretakan. Jika ini terjadi, dapat memicu kebocoran bahan bakar yang memicu kebakaran.

Jaguar Land Rover melakukan investigasi, setelah mendapat keluhan dari 6 konsumen yang mendapatkan kebocoran bahan bakar dari pipa tangki yang retak dan mereka juga telah mengidentifikasi 200 klaim garansi terkait dengan dugaan cacat saat menganalisis model Jaguar XF 2010-2012 yang sebelumnya ditarik karena masalah yang sama.

Pemilik kendaraan yang terkena dampak awalnya mencium bau bahan bakar dan Lampu indikator kerusakan berwarna kuning pada kluster instrumen yang terus menyalah dipicu oleh keretakan.

Pada kesimpulannya, sumber pengapian pada gas yang bocor bisa memicu kebakaran.

Untuk mengatasi masalah ini, pemilik akan diberi tahu dan diinstruksikan untuk membawa kendaraan mereka ke bengkel resmi Land Rover terdekat untuk mengganti flensa outlet atau pipa bahan bakar dengan yang baru setelah direvisi.

Perbaikan akan dilakukan secara gratis. Pemilik yang sebelumnya telah membayar untuk perbaikan kerusakan akan mendapatkan kembali penggantian biaya dari Jaguar Land Rover.

Jaguar Land Rover sudah memberi surat edaran ke dealer pada 26 Agustus dan pemilik pada 8 Oktober, untuk penyelesaian masalah ini. (elk)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan