MotoGP 2021 Inggris: Menunggu Kiprah Duo Local Hero Cal Cruthclow dan Jake Dixon

Kamis, 26/08/2021 17:40 WIB

mobilinanews (Inggris) - Seumur-umur, baru kali ini Cal Crutchlow balapan di atas Yamaha YZR-M1 spek full pabrikan meski pernah jadi pembalap Yamaha Tech3 pada 2011-2013.

Ia jadi tester Yamaha mulai awal musim 2021, tapi baru gunakan M1 2021 saat winter test Qatar. 

Itu sebabnya Cal menempatkan diri sebagai tester ketimbang memburu hasil pada GP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 27-29 Agustus akhir pekan ini.

Terutama di sesi latihan awal, fokusnya  mengumpulkan data teknis sebanyak mungkin untuk diolah tim mekanik Yamaha.

Sebagai pembalap tuan rumah yang sangat mengenal trek Silverstone lebih dari yang lain, feedback dari Cal bisa jadi keuntungan Yamaha, buat dirinya maupun rekan satu timnya, Fabio Quartararo.

"Cal mengenal Silverstone sangat baik, pernah runner up di musim 2016. Darinya kami akan dapat masukan yang berbeda," kata Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli lewat rilis tim Yamaha.

Namun Meregalli juga tak menyangkal kalau ada harapan lain yang jadi tugas Cal saat raceday. Yakni membantu mengumpulkan poin agar posisi teratas di  klasemen kejuaraan tim aman hingga akhir musim. 

Cal yang di dua seri Austria menjadi pengganti Franco Morbidelli yang cidera, kini naik ke tim pabrikan Yamaha menggantikan Maverick Vinales yang sudah resmi out dari skuad Yamaha.

Pada tiga katagori kejuaraan di MotoGP saat ini Yamaha memimpin klasemen pembalap (Quartararo) dan kejuaraan tim (Quartararo dan Vinales).

Keunggulan di kejuaraan tim itulah yang Yamaha harapkan ikut terbantu oleh Cal. Sebab, Cal akan mendampingi Quartararo hingga Franco Morbidelli sembuh dari cideranya. Morbidelli sendiri akan menggantikan Vinales di tim pabrikan Yamaha tahun depan.

Meregalli tak menyangkal hal itu. Selain menghimpun data yang dibutuhkan, Cal juga diharapkan bisa turut menabung poin.

Saat turun di dua race Austria lalu dengan besutan M1 Spec-A, dua-duanya disudahi Cal dengan finish P17. Hanya dua posisi dari zona poin.

Di Silverstone pekan ini, Cal akan membesut M1 2021 spek pabrikan, motor yang sudah ia kenal saat winter test di Qatar.

Bersama Jake Dixon yang mengisi slot kosong di tim Petronas Yamaha Srt, keduanya akan jadi local heroes di Silverstone.

Sebuah peristiwa yang sama sekali tak terduga. Mendadak ada dua pembalap tuan rumah di GP Inggris, padahal pada musim ini tak ada pembalap regular Inggris di MotoGP.

"Yang pasti saya senang bisa kembali balapan di Silverstone. Sebagai test rider maka setiap sesi, termasuk raceday, tak lepas dari fungsi sebagai pembalap penguji. Saya bekerjasama dengan tim yang semuanya sudah saya kenal baik, dan sudah tak sabar hasil apa yang bisa kami peroleh," kata Cal.

Tim yang ia maksud kru teknis di bawah kendali Silvano Galbusera, mantan chief crew Valentino Rossi yang dua bulan lalu dipanggil Yamaha menggantikan kepala mekanik Maverick Vinales.

Kolaborasi dengan Galbusera bukan hal baru bagi Cal. Selama ini Galbusera pemimpin tim teknis untuk program tes Eropa, menjadi penuntun Cal sebagai tester Yamaha di tim Eropa. (rnp)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas