PT Suzuki Indomobil Sales Kembali Gelar Suzuki Writing Competition 2021, Gandeng FORWOT

Sabtu, 28/08/2021 05:01 WIB

mobilinanews, Jakarta - KETENTUAN PENULISAN

1. Rekan-rekan media online/cetak dapat menulis lebih dari 1 artikel selama periode pelaksanaan .
2. Bahan tulisan asli dan tidak termasuk iklan komersial.
3. Artikel yang ditulis memiliki sedikitnya 250 kata dan mengandung "Suzuki" pada isi artikel.
4. Tulisan ditulis dan diterbitkan dalam kurun waktu 
24 Agustus - 10 September 2021.
5. Submit artikel yang sudah diterbitkan ke www.forwot.id/lombasuzuki.
6. Artikel yang ditulis mengulas tentang:
• Peranan Suzuki dalam mengembalikan ketahanan ekonomi Indonesia
• Produk-produk unggulan Suzuki buatan lokal
• Ekspor produk Suzuki

TOPIK DAN ALTERNATIF ANGLE PENULISAN

1. Peranan Suzuki dalam mengembalikan ketahanan ekonomi Indonesia.

Data pendukung: 
- Suzuki mulai menekuni bidang otomotif di Indonesia pada 1970, kemudian berkembang terus hingga dapat memproduksi mobil, sepeda motor, serta mesin tempel kapal atau outboard motor hingga lebih dari 50 tahun. Saat ini, Suzuki memiliki 3 pabrik yang berlokasi di Tambun I dengan luas 124.000 m2, Tambun II seluas 420.000 m2, dan Cikarang dengan luas terbesar yaitu 1.307.000 m2 dengan total penyerapan SDM (Sumber Daya Manusia) sebanyak 5.871 karyawan.

- Sejak berdiri di tahun 1970 hingga tahun 2020, Suzuki telah memproduksi 11,2 juta unit sepeda motor dan 2,7 unit mobil. 

- Suzuki memprioritaskan kendaraan dengan kualitas terbaik pada fitur-fitur unggulan yang terdapat pada value for money product serta pelayanan aftersales kendaraan. 

2. Produk buatan dalam negeri Suzuki (WIP konten)

Data Pendukung:
- Dari line-up kendaraan Suzuki di Indonesia, sebagian besar merupakan kendaraan yang dibuat dalam negeri di ketiga pabrik milik Suzuki yaitu Tambun I, Tambun II, dan Cikarang. 

- Produk buatan dalam negeri milik Suzuki diantaranya:
a. New Carry Pick Up

New Carry Pick Up menjadi andalan bagi masyarakat sebagai penunjang kegiatan niaga mereka karena memiliki kelebihan berupa ILMU, yaitu Irit bensin dan perawatannya,

Lama umur pakainya, Muat banyak, dan Untung di ujung. Dengan bak berukuran panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm, New Carry Pick Up mampu mengangkut muatan seberat 1 ton.

b. All New Ertiga

Ertiga merupakan mobil Low Multi Vehicle Purpose (LMPV) yang diproduksi oleh Suzuki Indonesia sejak tahun 2012. Sejak diluncurkan, Ertiga menjadi mobil 
favorit untuk berpergian bersama keluarga karena memiliki kapasitas 7 orang penumpang yang hadir dengan eksterior yang gagah dan tangguh, serta 
keunggulannya memiliki kabin dan bagasi yang luas untuk kenyamanan penumpang.

c. Suzuki XL7 

Dengan tampilan eksterior yang gagah dan maskulin, ground clearance hingga 200 mm, pelek 16-inci dalam balutan ban 195/60, Suzuki XL7 hadir menjadi kendaraan yang praktis dan fungsional dalam menampung tujuh penumpang di permukaan jalan dengan kontur tidak rata dan medan jalan yang rusak yang menjadi karakter jalanan di luar kota.

Namun, selain dari segi eksterior, interior Suzuki XL7 juga didesain dengan mengutamakan kenyamanan serta fitur-fitur terbaik di kelasnya seperti Smart E-Mirror, push start stop button, AC digital auto  climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga.

Untuk melengkapi faktor keamanan, Suzuki XL7 hadir denganfitur ABS & ABD, dual SRS airbag,  ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

d. Karimun Wagon R

Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition tetap hadir dengan dimensi 3.600 mm x 1.670 mm x 1.475 mm yang memberikan headroom dan legroom yang lega dan dapat ditumpangi 5 orang.

Kursi belakang pun dapat dilipat sehingga 
menambah kapasitas bagasi agar semakin luas.

Karimun Wagon R 50th 

Anniversary Edition juga didukung wheelbase sepanjang 2.400 mm serta ground clearance setinggi 170 mm yang memungkinkan mobil ini dapat bermanuver dengan lincah di jalanan perkotaan serta mendukung aktivitas sehari hari

e. GSX-R150

Sebagai pilihan sepeda motor terbaik dari Suzuki di kelas Sports 150cc, GSXR150 mengedepankan performa dan tampilan dinamis yang dapat 
memberikan kepuasan setiap penggunanya.

Dilengkapi dengan mesin fuel injection berkubikasi 150cc, menggunakan sistem Double Over Head 
Camshaft (DOHC) menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14,0 Nm/9.000 rpm yang disalurkan melalui 6 percepatan dengan cepat.

Bobotnya yang ringan131 kg memberikan kemudahan dan kelincahan dalam bermanuver.

Beragam fitur canggih juga dimiliki menjadikan GSXR150 semakin mengaggumkan, seperti Keyless Ignition System, Digital LCD Speedometer, LED headlight, ABS (Antilock Brake System), Easy Start System dan Hazard light. GSX-R150 meneruskan tradisi dan ikon motor sprts Suzuki yang legendaris.

f. GSX-S150

Alter ego yang kuat dari tradisi Suzuki GSX series terpancarkan di GSX-S150, sebagai pilihan street bike stylish untuk memenuhi lifestyle pengendara serta ditunjang ergonomi yang baik.

Di balik tampilannya yang menarik, terdapat 
performa sama kuatnya dengan GSX-R150 yang siap untuk Taklukan Batasan. 

Naked handle bar dipadu dengan bobot ringan menjadikan GSX-S150 menyenangkan untuk dikendarai sehari-hari maupun sebagai ekspresi hobi akhir pekan.

g. GSX150 Bandit

Suzuki memahami para pengendara juga senang berbagi cerita dan kebahagiaan bersama orang lain, termasuk dalam melakukan perjalanan dengan sepeda motor.

Berangkat dari filosofi Teman Satu Tujuan, Suzuki 
menghadirkan GSX150 Bandit yang siap menjadi teman sejati pengendara kemana pun dan dengan siapapun ketika bepergian.

Durabilitas dan kenyamanan yang ditunjang dengan performa terbaik dari Suzuki terpadu lengkap dalam GSX150 Bandit.

Keunggulan design jok yang nyaman bagi pengendara dan penumpang, diimbangi dengan ergonomi pengendalian yang mantap memberikan kepercayaan diri yang lebih dalam melintasi beragam perjalanan. 

h. Satria F150

Ikon sepeda motor penuh gaya bagi anak muda masih melekat pada Suzuki Satria F150. Hyperunderbone legendaris dari Suzuki yang tidak pernah absen dalam memikat dan mencuri perhatian siapapun.

Tampilan futuristik, Sporty dan agresif mewakili cepatnya akselerasi dan tenaga 13,9 kw/10.000 rpm dari mesin 150cc yang diusungnya, sekaligus menjadi yang terbesar di kategorinya. Pilihan-pilihan warna dan grafis yang menarik disesuaikan dengan ekspresi 

generasi muda yang suka tampil penuh gaya. Kebanggaan generasi muda juga jadi bertambah dengan fitur kekinian seperti LED headlight, Digital 
Speedometer dan 1-Push Start System. 

i. Address

Sepeda motor serba guna menjadi dambaan bagi sebagian pengendara di Tanah Air. Apalagi jika dipadukan dengan kemudahan pengendaraan, efisiensi konsumsi bahan bakar serta jaminan standar kualitas global.

Tantangan inilah yang dijawab oleh Suzuki melalui Address FI, skutik serba guna yang memiliki 
bagasi dan tangki bahan bakar yang besar, serta kenyamanan yang diterima banyak pengendara di berbagai belahan benua seperti Asia, Eropa, dan 
Oceania.

Mesin 115cc yang digunakan mampu mencukupi beragam keperluan transportasi penggunanya setiap saat.

Keunggulan pada sisi kapasitas bagasi 20,6 liter ditambah 2 ruang penyimpanan barang yang besar memberikan kenyamanan bagi pengendara saat membutuhkan ruang untuk meletakan barang bawaan dengan jumlah banyak secara aman.

Tangki bahan bakar sebesar 5,2 liter dan konsumsi bahan bakar hemat memberikan keuntungan dari sisi pengeluaran biaya saat berkendara.

Design ruang floor board dan jok yang luas memberikan rasa nyaman dan betah saat berkendara. 

Suzuki Address hadir dengan beberapa pilihan varian seperti Address Playful, Address Predator dan Address Standard. Setiap varian dilengkapi dengan penambahan aksesoris dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengendara.

j. NEX II

Kepraktisan dan Efisien menjadi kata kunci yang unggul di Suzuki NEX II, skutik 115cc berdesign modern, dan selalu siap dibawa kemana saja. Skutik berdimensi kompak dan ringan ini disukai oleh pengendara muda baik pria maupun wanita.

Kemudahan pengendaraan dan kehematan bahan bakar dari teknologi SEP (Suzuki Eco Performance) dipilih sebagai alasan utama menggunakan NEX II sebagai kendaraan sehari-hari.

NEX II hadir dengan beragam varian dan kelengkapan fitur yang dapat disesuaikan dengan 
kebutuhan konsumen, antara lain NEX II Elegant, NEX II Fancy Dynamic, NEX II Standard, bahkan yang bergaya petualang yaitu NEX II Crossover. 

3. Performa dan kontribusi ekspor Suzuki di tahun 2021

- Sejak pertama kali melakukan ekspor kendaraan—baik untuk mobil, maupun sepeda motor— hingga saat ini, Suzuki telah mengekspor lebih dari 600.000 unit mobil dan 900.000 unit sepeda motor, dengan destinasi tujuan ke 80 negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Oceania, dan Amerika Latin. 

- Produk-produk yang diekspor Suzuki diantaranya:
CBU:
a. New Carry Pick Up

b. All New Ertiga
c. Suzuki XL7
d. APV
e. GSX-R125
f. GSX-S125
g. GSX 150 Bandit
h. Satria F150
i. Address
j. NEX II

CKD
a. Karimun Wagon R
b. New Carry Chasis
c. GSX-R150
d. GSX-S150
e. Shooter
f. Satria F150
g. Satria FJ110
h. Address
i. NEX II
4. Informasi tambahan 
1. CSR

• Kunjungan Pabrik untuk Pelajar

Sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan minat dan pengetahuan pelajar Indonesia terhadap produk-produk industri, teknologi dan proses 
produksi dengan teknologi mutakhir, SUZUKI mengundang para pelajar mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga universitas ke pabrik-pabrik SUZUKI. 

Hingga tahun 2020 lebih dari 50.000 pelajar telah berkunjung ke Pabrik Cikarang dan Pabrik Tambun

• Clean Up The World
Sebagai upaya untuk mengurangi limbah di lautan, SUZUKI mengadakan kampanye “CLEAN UP THE WORLD” yang rutin dilakukan setiap tahun sejak 
2014 dengan membersihkan pantai bersama dengan komunitas lokal dan pelajar Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan ini sekaligus bertujuan menanamkan 
pentingnya menjaga kebersihan pantai dan laut kepada generasi muda dalam rangka melestarikan lingkungan laut.

• Produksi dan Distribusi Masker
Sebagai bentuk kepedulian SUZUKI untukmelindungi karyawan serta masyarakat di awal pandemi Covid-19, Pabrik Cikarang SUZUKI memproduksi 95.000 lembar masker kain untuk didistribusikan kepada seluruh karyawan grup SUZUKI (PT Suzuki Indomobil Motor, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Suzuki Finance Indonesia, seluruh diler SUZUKI di Indonesia) serta penduduk di sekitar kantor pusat dan pabrik SUZUKI.

• Pembagian Paket Sanitasi untuk Sopir Angkot
Untuk membantu menurunkan penyebaran Covid-19 di moda transportasi umum, SUZUKI bekerja sama dengan 8 koperasi angkot di Jakarta memberikan 6.400 paket sanitasi yang terdiri dari masker serta hand sanitizer kepada sopir angkot di Jakarta.

SUZUKI juga memberikan stiker ajakan penggunaan masker dengan tujuan memberikan edukasi kepada 
sopir serta penumpang angkot sebagai salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19

• Disinfeksi Angkot

SUZUKI juga melakukan penyemprotan disinfektan untuk 1.100 unit angkot KWK di Jakarta untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna angkot di tengah pandemi Covid-19.

• Kolaborasi Kegiatan Kemanusian dengan SCRC
SUZUKI menyediakan 1 unit Carry ambulans dan 1 unit Carry pick up kepada Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) untuk mendukung kegiatankegiatan yang dilakukan SCRC selama pandemi Covid-19, seperti 
penyemprotan disinfektan di rumah penduduk dan penyaluran bantuan alat pelindung diri kepada tenaga medis.

• Donasi Alat Praktek Pendidikan

SUZUKI melanjutkan program donasi allat praktek pendidikan kepada SMK dan universitas untuk mendukung pendidikan di Indonesia. Pada tahun 
2020 SUZUKI mendonasikan 5 unit kendaraan roda empat kepada 3 SMK dan 1 universitas di Indonesia.

2. Award

• 4W
• XL7
• Best Functionality – Carvaganza Award 2021
• Best of MPV Crossover – Otomotif Award 2021
• Car of the Year – Otomotif Award 2020
• Best of MPV Crossover – Otomotif Award 2020
• Best Small MPV Crossover – GridOto Award 2020
• Best Small MPV Crossover in Total Cost of Ownership 
Category – Grid Oto Award 2020
• All New Ertiga
• Total Cost Ownership Category Small MPV – GridOto Award 2019

• Car of The Year – Otomotif Award 2019

• Best Low MPV – Otomotif Award 2019
• New Carry Pick Up
• Best Pick Up – Otomotif Award 2021
• New SX4 S-Cross
• Best of Low Crossover – Otomotif Award 2020

• Best of The Best Crossover – Otomotif Award 2020
• Jimny
• Rookie of the Year – Otomotif Award 2020
• Best Compact SUV Resale Value – GridOto Award 2020
• New Ignis
• Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020
• Best Compact Car in Total Cost of Ownership Category – GridOto Award 2020
• New Baleno
• Best Small Hatchback in Total Cost of Ownership 
Category – GridOto Award 2020
• 2W
• Suzuki NEX II
o Best Budget Motorcycle - Gridoto Award 2020
o
Best Value – Gridoto Award 2019 
• GSX-R150
o
Best Buy Sport Motorcycle – Motor Plus Award 2019
o
Best New Model – Otomotif Award 2017
• GSX-S150
o
Best Sport Naked 150cc – Otomotif Award 2017
• GSX150 Bandit 
o
Best 5 Choice – FORWOT Award 2019
• All New Satria F150
o
Best of The Best Bebek – Motor Plus Award 2018
o
Best Bebek Sport 150cc – Motor Plus Award 2018
o
Best of The Best Cub – Otomotif Award 2018
o
Best of Hyper Cub – Otomotif Award 2018
o
Best of The Best Cub – Otomotif Award 2017
o
Best of Hyper Cub – Otomotif Award 2017
• Smash 
o
Best Buy Bebek Motorcycle – Motor Plus Award 2017

3. My Suzuki
• Upaya PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) untuk meningkatkan layanan purnajual tidak hanya dilakukan melalui pembukaan diler. Era digital yang 
tumbuh pesat memudahkan masyarakat mencari informasi hingga melakukan transaksi jual beli secara daring.

Untuk itu, Suzuki meluncurkan aplikasi mobile My Suzuki sebagai jawaban atas perkembangan zaman guna menawarkan layanan penjualan suku cadang, oli dan aksesoris resmi Suzuki.

Untuk dapat menggunakan aplikasi My Suzuki, konsumen dapat mengunduh langsung dari Play Store untuk pengguna Android atau Apps Store untuk pengganti iPhone. (wan)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060