Akan Sharring di Seminar & Workshop Training for Trainer IMI Pusat, Ini Profil Yuniadi H Hartono!

Minggu, 29/08/2021 01:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sebuah terobosan dilakakukan Bidang Olahraga Mobil IMI Pusat dengan mengadakan Seminar & Workshop Training for Trainer, menghadirkan expert di bidang Marketing & PR (Public Relation), yang memang diperlukan untuk pemangku tugas dari anggota komisi, ketua komisi hingga direktur.

Mobilinanews beruntung, mendapat kesempatan ngobrol dengan Yuniadi H Hartono, Diplom Betriebswirt, MM, MBA yang menjadi penyampai materi tunggal pada event hari Kamis, 2 September 2021 di Hotel Sentul Lorin, Bogor.

"Iya, saya diminta ibu Lola Moenek (Deputy Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat dan Ketua Panitia Seminar & Workshop Training for Trainer) untuk sharring bersama teman-teman di bidang olahraga mobil, dengan apa yang geluti selama ini yakni terkait marketing dan public relation," ujar Yuniadi kepada mobilinanews.

"Lebih khusus lagi, saya diminta menyampaikan tema terkait personal skills dan public speaking, di mana ini memang menjadi job discription saya selama 28 tahun di perusahaan otomotif (20 tahun di Mercedes-Benz dan 8 tahuh di General Motors Indonesia). Bu Lola ingin bahwa setiap personal di bidang olahraga mobil bisa menyampaikan message secara mudah, sederhana dan bisa dimengerti untuk semua kalangan, terutama kepada pembalap sebagai aset utama sebuah gelaran balap," terangnya.

Dia lalu mendeskripsikan para pemangku tugas di olahraga mobil itu sudah pasti sangat menguasai dan piawai dalam hal teknis perlombaan balap. Namun, perlu dibekali dengan personal skills dan public speaking sehingga message yang disampaikan kepada pihak lain bisa terdelivery dengan baik.

"Ibarat emas yang masih tertimbun tanah. Jadi dipoles sedikit saja, emasnya akan kelihatan dan berkilau. Dan, saat ini menjadi momentum yang tepat untuk menambah ilmu. Sehingga ketika balapan sudah berjalan normal kembali, ada tambahan bekal ilmu yang bisa diaplikasikan di lapangan atau sirkuit," tutur Yuniadi.   

Lalu, siapakah Yuniadi Haksono Hartono? Beliau memulai karir di PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, dari Commercial Vehicle Marketing Spesialist (1992-1993) hingga menduduki posisi Deputy Director yang membawahi Marketing Communications, Public Relations hingga External Affairs (2007-2011). Total 20 tahun 3 bulan beliau sebagai profesional di perusahaan otomotif Jerman tersebut. 

Kemudian, mulai 2012 - 2020 (persisnya 30 April 2020), Yuniardi dengan jabatan terakhir sebagai Communications & External Affairs Director PT General Motors Indonesia. Atau sekitar 8 tahun berkarir di perusahaan otomotif asal Amerika Serikat itu.

Selain itu, beliau juga aktif selama belasan tahun di Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).  

"Setelah itu, saya "pensiun" dari dunia otomotif. Tapi, ternyata tidak bisa sepenuhnya pensiun. Saya kemudian banyak diminta sebagai trainer di berbagai kegiatan otomotif maupun non-otomotif, membuat seminar, dll, masih di bidang yang pernah saya geluti selama 28 tahun," ungkap Yuniadi.   

Sementara itu, Lola Moenek menyebutkan pemilihan Yuniadi atas kesepakatan dirinya dengan Ananda Mikola selaku Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat.

"Kami merasa (pemilihan Yuniadi) sudah tepat dan terbaik untuk melakukan transfer ilmu tentang personal skills dan public speaking. Dari Pak Yuniadi nantinya saya berharap banyak hal terkait terobosan di bidang olahraga mobil, bagaimana menyikapi protes misalnya dengan memperbaiki pemahaman terkait peraturan yang acapkali bermakna ganda dll," ujar Lola Moenek.

Menurut Lola, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan M Riyanto (Waketum Organisasi IMI Pusat), terkait pasal-pasal peraturan balap yang sering menimbulkan multi tafsir. "Kalau bisa, dibikin lebih sederhana, jelas inteprestasinya, seperti halnya regulasi teknik di FIA," lanjutnya.

Maka itu, Lola Moenek mengharapkan, kehadiran para pemangku jabatan di Bidang Olahraga Mobil menyempatkan waktu hadir Kamis, 2 September 2021 di Sentul Hotel Lorin. Atau yang di luar Jabodetabek bisa mengikuti secara virtual Zoom.

"Saya jamin, pasti akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat," tegas Lola Moenek. (bs)    

 


TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan