F1 2021 Belgia : Sudah 2 Jam Balapan Ditunda Akibat Hujan Deras, FIA Pusing!

Minggu, 29/08/2021 22:06 WIB

mobilinanews (Belgia) - GP Belgia yang harusnya start pukul 20.00 WIB tak bisa berlangsung akibat hujan yang sangat deras. Sudah 2 jam tertunda. Sisa waktu tinggal 1 jam lagi.

Bukan hanya genangan air yang ada di beberapa ruas lintasan. Tapi, jarak pandang juga sangat terbatas. Terlebih jika berada di belakang pembalap lain, cipratan air yang ditimbulkan membuat pembalap di belakang tak bisa melihat apa pun.

Belum apa-apa, Sergio Perez, misalnya, sudah kecelakaan berat padahal baru menuju garis start atau out lap. Praktis, hanya Max Verstappen yang punya pandangan paling jelas karena berada terdepan sebagai pole sitter.

Saat ini, semua pembalap digiring berbaris di pitlane. Kru tim membuat tenda untuk melindungi mobil masing-masing pembalap.

FIA Race Director pun pusing mengantisipasi apa yang harus diputuskan jika hujan tak juga berhenti.

Peraturan yang baru disahkan musim ini menyebutkan durasi maksimal balap F1 adalah 3 jam terhitung dari saat start. Berarti batasnya adalah pukul 23.00 WIB nanti.

Peraturan lain mengatakan jika balapan tak berlangsung utuh, maka poin yang dibagi bisa utuh jika sudah berlangsung sekurangnya 3/4 bagian dari durasi seharusnya.

Juga ada peraturan yang langka terjadi, dalam sejarah baru 5 kali. Yakni pembagian poin diberikan setengah dari poin normal jika balapan sudah berlangsung dua laps tetapi tak mencapai 3/4.

Verstappen satu-satunya yang siap jika balapan diteruskan. Namun mayoritas pembalap menolak karena resiko yang sangat besar. Termasuk yang menolak adalah Lewis Hamilton.

"Kami tak bisa melihat apa pun di dalam sana (lintasan balap)," kata Hamilton.

Kini, semua menanti apa yang akan diputuskan Masi sebagai orang FIA jika batas waktu 3 jam terlewati. (rnp)

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060