Buntut Kecelakaan, Bos Toyota Tarik Mobil e-Palette dari Tokyo Paralympic

Senin, 30/08/2021 13:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota menghentikan semua kendaraan self-driving e-Palette yang saat ini beroperasi di desa atlet di Tokyo Paralympic Games. Keputusan penarikan mobil swa kemudi ini cukup mengejutkan.

Dalam beberapa laporan media, Hal ini diputuskan menyusul terjadinya sebuah kecelakaan, di mana salah satu unit kendaraan swa kemudi mereka menabrak pejalan kaki dengan gangguan penglihatan pada 26 Agustus baru-baru ini, mengutip Carscoops.

Dalam sebuah pernyataan, Toyota meminta maaf kepada pejalan kaki, yang merupakan salah seorang atlet paralimpiade. Dalam laporan, kendaraan tersebut melaju dengan kecepatan hanya 1 atau 2 km/jam (0,6-1,2 mph, ketika menabrak pejalan kaki.

Beruntungnya korban yang mengalami kecelakaan, tetap sadar dan segera dibawa ke pusat medis desa atlet untuk perawatan ringan. Korban yang mengalami crash pun kemudian, mendapat sedikit penanganan dan bisa berjalan kembali ke tempat tinggalnya.

Menurut Toyota, kendaraan berada di pertigaan dan hendak berbelok di bawah kendali operator, saat kendaraan menabrak atlet yang sedang menggunakan penyeberangan pejalan kaki. Meskipun tampaknya berada di bawah kendali manual, e-Palette mampu mengemudi sepenuhnya secara mandiri.

Toyota mengatakan bahwa mereka menangguhkan penggunaan semua e-Palettes dan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan polisi atas insiden tersebut. Pihaknya juga akan melakukan investigasi sendiri atas penyebab kecelakaan tersebut.

Dalam sebuah video, Chief Executive Toyota Akio Toyoda meminta maaf atas insiden tersebut dan mengatakan bahwa kejadian ini adalah tantangan dalam mengembangkan kendaraan self-driving.

"ini menunjukkan bahwa kendaraan otonom belum realistis untuk jalan normal," ujar bos Toyota itu. (Elk)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo