Taksi Terbang EHang 216 Akan Diuji Coba di Bali Di Tempat Bamsoet, Ini Alasannya!

Rabu, 01/09/2021 13:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Taksi terbang EHang 216 ternyata sudah berada di showroom Prestige Image Motorcars, Jakarta Utara. Transportasi canggih berteknologi tinggi ini akan diuji coba bulan Oktober 2021 mendatang di Bali.

Setelah resmi diperkenalkan resmi pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, April lalu, taksi terbang EHang 216 akhirnya tiba di Jakarta. Sebelum dijual ke pasar, kendaraan masa depan ini akan melakukan uji coba dalam waktu dekat.

"Rencana uji coba EHang pada Oktober depan di Bali, di tempatnya Pak Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI dan Ketum PP IMI). Sementara ini masih mengurus perizinan terbang dan lain lain," terang Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Image Motorcars kepada wartawan, Rabu (1/9/2021) hari ini.

"Diharapkan bisa membangkitkan pariwisata Bali juga dengan produk ini, dan impact-nya bukan hanya nasional tapi internasional jika nanti ada alat transportasi seperti EHang ini untuk wisata baru di Bali, yang murah dan ramah lingkungan," sambung Rudy.

Ada alasan khusus, mengapa taksi terbang EHang 216 melakukan uji coba di Pulau Dewata. Faktor utamanya karena Bali dikenal sebagai tempat wisata kelas dunia, sehingga diharapkan efeknya bisa lebih besar.

Dalam acara uji coba sekaligus peluncuran EHang 216 ini, akan dihadiri Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo.

Pihak Prestige Image Motorcars juga sedang berupaya bisa menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, bisa menghadiri acara ini.

"Yang pasti Pak Bamsoet sangat mendukung ini, karena beliau sangat concern dengan energi ramah lingkungan dan mempunyai pola pandang visioner akan teknologi yang dapat memajukan Indonesia, mulai mobil listrik sampai heli-listrik ini," jelas Rudy yang juga salah satu pengurus PP IMI di bawah Bamsoet

Taksi terbang yang akan diuji coba merupakan tipe EHang 216. EHang 216 memiliki muatan maksimum 220 kg dengan top speed 130 km/jam.

Kendaraan ini menggunakan daya listrik 100% untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh emisi. Drone ini dapat diisi hingga 220v atau 380v dalam 1,5 jam waktu pengisian.

EHang 216 memiliki 16 baling-baling dan 8 lengan yang bisa dilipat, sehingga efektif dan menghemat area parkir karena hanya memakan lahan seluas 5 m².

EHang 216 bisa menempuh jarak penerbangan 35 km dengan muatan maksimum hanya dalam 21 menit.

Adapun ketinggian yang bisa dicapai yakni 3.000 m, dengan spesifikasi tinggi 1,77 m dan lebar 5,61 m. EHang 216 diklaim ideal untuk transportasi modern bagi masyarakat perkotaan.

Landasan pacu untuk pendaratan tidak lagi dibutuhkan, karena EHang 216 hanya membutuhkan ruang pendaratan yang sedikit.

Maka itu, sangat cocok untuk transportasi di daerah perkotaan yang padat karena sesuai kebutuhan mobilitas udara perkotaan dan berfungsi sebagai cara yang efektif mengurangi kemacetan. (bs)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik