F1 2021 Italia: Pasrah, Lewis Hamilton Memprediksi Max Verstappen Bakal Menang Mudah

Minggu, 12/09/2021 01:25 WIB

mobilinanews (Italia) - Mungkinkah Max Verstappen fight dan duel wheel to wheel dengan Lewis Hamilton di Monza, Minggu (12-9-2021) hari ini? Di mata Verstappen bisa saja meski keduanya start dari P1 dan P4. Tapi, sebaliknya bagi Hamilton. 

Verstappen sendiri mendapat banyak keuntungan jelang raceday. Ia mendapat bonus 2 poin dari posisi runner up di sprint race. Membuatnya kini unggul 5 poin dari Hamilton.

Ia juga dapat hibah pole position dari Valtteri Bottas. Harusnya driver Mercedes ini yang pole sitter karena juara di sprint race. Tapi, berhubung ganti mesin di Monza maka ia terkena grid penalty dan akan start dari urutan 20.

Hamilton pun sedikit diuntungkan, posisi startnya naik dari urutan 5 ke posisi 4. Di belakang Verstappen dan dua driver McLaren, Daniel Ricciardo dan Lando Norris. Situasi ini pun menguntungkan Verstappen.

Finish tanpa poin di sprint race sudah membuat Hamilton kecewa. Ditambah komposisi  start yang tak menguntungkan plus laju RB16B milik Verstappen yang cakep, membuat juara dunia bertahan itu pasrah pada raceday hari ini. 

"Max akan menang mudah di sini. Mobilnya hampir di setiap race mengalami pengembangan. Saya sendiri bakal tak mudah melewati dua McLaren, Yang bisa saya lakukan adalah berusaha sebaik mungkin," kata Hamilton yang akan lakoni start dari belakang Ricciardo dan dari samping Norris. 

Ia sadar cara terbaik adalah melewati keduanya sejak awal start agar menempel di belakang Verstappen. Jika tidak, kata Hamilton, maka ia akan tertahan sedemikian rupa sementara Verstappen semakin jauh di depan.

"Mobilnya sangat cepat. Saya tak yakin Valtteri lebih kencang dari Max," imbuh Hamilton.

Dugaan itu bisa jadi benar. Sepanjang 18 laps sesi sprint race, Verstappen memang tak berusaha menkan Bottas untuk merebut P1.

Pasalnya, Verstappen tahu betul Bottas sudah kena penalty sehingga tak perlu ngeyel mengejar 1 poin saja dengan ambil resiko.

Dan, saat sama ia tahu Hamilton dari posisi 5 pasti sulit meraih zona podium untuk berbagi poin.

"Ini poin kecil (2) tapi sangat menyenangkan," kata Verstappen.

Verstappen justru memprediksi ia akan duel sengit dengan Hamilton selama balapan. Ia yakin Mercedes sangat cepat di Monza dan unggul power di trek lurus ynag panjang di sirkuit ikonik Italia itu.

"Saya kira akan ada pertempuran menarik dalam balapan nanti. Saya harap kami tampilkan permainan bagus untuk menghibur fans di sini, di Italia, yang selalu semarak menyambut F1," imbuh Verstappen.

Semoga benar demikian. Soalnya, dalam empat GP terakhir di Inggris, Hungaria, Belgia dan Belanda sama sekali tak tampak duel sengit di antara keduanya.

Berharap itu terjadi di Monza, murni antara Hamilton dengan Verstappen. Tanpa Bottas yang acap jadi bagian strategi Hamilton di lintasan. (rnp)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!