F1 2021 Italia: FIA Langsung Investigasi Insiden Crash Verstappen dan Hamilton, HALO Kembali Jadi Penyelamat!

Minggu, 12/09/2021 22:09 WIB

mobilinanews (Italia) - Lagi, perseteruan keras Max Verstappen dan Lewis Hamilton berakhir di gravel. Bedanya, kali ini mereka berdua langsung out dari balapan GP Italia di sirkuit Monza, Italia, Minggu (12--9-2021) malam WIB.

Jika di sirkuit Silverstone, nyawa Verstappen diselamatkan oleh perangkat HALO yang melindungi bagian atas kokpit, kali ini nyawa Hamilton yang selamat berkat perangkat yang sama. Penyebabnya, saat insiden kecelakaan terjadi, mobil RB16B milik Verstappen sempat `parkir` di atas kepalanya.

Insiden terjadi saat Verstappen berusaha menyalip Hamilton sesaat setelah pitstop. Tentu saja,  Hamilton berusaha mempertahankan posisinya, sementara rivalnya coba terus merangsek. Akhirnya, tak terhindarkan, jedua mobil bersentuhan membuat buritan RB16B terangkat dan nyangkut di atas W12 milik Hamilton.

Ini kali pertama juara dunia bertahan gagal finish dalam 64 penampilan terakhir. DNF Verstappen terakhir ya saat dihajar Hamilton di Silverstone Inggris beberapa pekan lalu.

Dengan nada marah, Verstappen masih sempat cuap-cuap lewat radio saat mobil terhenti.

"Ini akibatnya jika kamu tak kasih ruang," teriaknya.

Saat turun dari mobil, Verstappen selintas melihat akibat tubrukan tapi sama sekali tak melihat ke arah lawannya, boro-boro menegur.

Saat itu juga, FIA menyebut akan menginvestigasi kasus ini usai race. Ini yang menarik ditunggu, apakah Hamilton kembali jadi pihak bersalah atau tidak, dan jika iya akan seperti apa hukumannya?

Apakah ini akan disebut juga `kesalahan profesional` mengingat dalam race ini kekuatan Hamilton memang tak kompetitif dibandingkan lawan? Atau ini akan berakhir dalam status racing incident?

Sambil menanti putusan, McLaren berpesta pora di Monza dengan finish 1-2 lewat Daniel Ricciardo dan Lando Norris. 

Pesta bahagia juga layak digelar buat Valtteri Bottas. Driver Mercedes ini start dari urutan 20 karena pergantian mesin. Tapi, ia mampu finish podium ketiga.

"Start dari belakang selalu tak mudah. Bisa podium begini ya sangat puas, saya sangat menikmati balapan ini. Sekaligus bersyukur karena kami dapat poin lebih baik dibandingkan Red Bull," katanya.

Insiden Hamilton - Verstappen sendiri sudah ramai dengan komentar di media sosial. Pastinya pro dan kontra.

Ada yang sebut Hamilton culas karena sedikit membenturkan roda mobilnya ke mobil lawan, dan ada juga yang menyalahkan agresivitas Verstappen yang memaksakan diri lewat celah yang sempit.

Belakangan Hamilton bilang ia sudah beri ruang di tikungan itu tapi tiba-tiba saja roda belakang Verstappen di atas kepalanya. Sementara Verstappen yang rupanya sudah lebih tenang, menyebut dirinya didesak dan tak punya arah pergi kemana-mana lagi. 

"Tak ada yang ingin melihat apa yang terjadi hari ini. Ini sungguh tak mengenakkan," katanya.

Lantas, apa kata FIA dan para pengadilnya di F1? Itulah yang dinanti sesaat lagi. (rnp)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan