Ini Cara Mudah dan Efektif Merawat Mesin Turbo di Mobil DFSK

Kamis, 16/09/2021 05:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kemajuan teknologi pada mesin kendaraan, membuat cukup banyak mobil yang kini menggunakan mesin turbo. Salah satu pabrikan yang mengaplikan pada produknya adalah DFSK.

Sistem kerja komponen turbo adalah dengan memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin, sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.

Udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin yang dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal.

Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan, namun juga mobil jadi tetap irit bahan bakar.

PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi mengatakan mesin turbo yang digunakan oleh kendaraan DFSK sudah dirancang untuk memanjakan pengendaranya dengan menghadirkan pengalaman yang sangat menyenangkan, mulai dari tenaga yang berlimpah sampai dengan perawatannya yang mudah.

"Aspek kemudahan dalam perawatan tentu tidak kami abaikan karena semakin mudah mesin ini untuk dirawat maka akan semakin mudah konsumen bisa mendapatkan performa yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar yang tinggi untuk didapatkan di setiap perjalanan hari-hari,” ungkap Achmad Rofiqi.

Berikut tiga hal saja untuk melakukan perawatan mesin turbo agar tetap bekerja secara optimal, yaitu:

- Periksa dan Ganti Oli Mesin Teratur

Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi vital. Apabila volume oli sudah berkurang atau kondisinya sudah keruh, bisa datang ke bengkel resmi DFSK untuk melakukan pergantian oli mesin. Melakukan pergantian oli mesin secara berkala dapat mendukung performa mobil.

- Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Perawatan yang paling sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan RON minimal 92

- Rutin Membersihkan Filter Udara

Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Sehingga pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor maka maka fungsi turbo ini akan menjadi tidak maksimal. (Elk)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas