DORNA Happy, Michelin Diperpanjang Sebagai Pemasok Ban di MotoGP Hingga Akhir 2026

Kamis, 16/09/2021 00:15 WIB

mobilinanews (Prancis) - Dorna Sports sebagai pemegang hak komersial MotoGP memperpanjang kontrak dengan Michelin hingga 2026, padahal kontrak yang berlaku saat ini baru berakhir di akhir musim 2023. Percepatan ini membuat kedua pihak bisa mengatur rencana dengan lebih matang.

Pabrikan ban Prancis itu kembali ke ajang balap MotoGP pada 2016. Sejak itu Michelin jadi salah satu faktor terciptanya berbagai rekor kecepatan di MotoGP, termasuk jarak finish antar pembalap yang semakin ketat.

Sebagai pemasok tunggal ban di MotoGP, Michelin juga ikut andil untuk `memenangkan atau mengalahkan` para joki pabrikan. Sebab, faktor ban ini, terutama ban belakang, acap jadi penentu di raceday. 

Bukan hal baru lagi kalau pembalap yang menang atau kalah menyebut performa ban mereka jadi penyebab. Semakin banyak pabrikan yang bisa beradaptasi dengan ban ini maka semakin beragam para juara yang muncul seperti tahun-tahun belakangan.

Tahun lalu, misalnya, dari 14 laga semusim menghasilkan 9 juara berbeda. Musim ini dari 13 seri yang sudah dihelat, sudah muncul 8 pemenang yang berbeda. 

Itu sebabnya CEO Dorna Carmelo Ezpeleta merasa bangga dan senang dengan tambahan durasi kontrak 3 tahun lagi hingga 2026. Membuat kolaborasi perusahaan Prancis dengan Spanyol ini menuju masa satu dekade.

"Sejak jadi pemasok ban di kelas MotoGP, Michelin sangat membantu kami menyelenggarakan kompetisi terbesar dan bersejarah di ajang grand prix," kata Ezpeleta usai penandatanganan kontrak.

Pada kesempatan sama, CEO Michelin Group Florent Menegaux menegaskan keterlibatan di MotoGP sangat penting bagi Michelin.

Tak hanya untuk riset dan pengembangan teknologi ban, tetapi juga menjadi sarana interaksi perusahaannya dengan publik melalui akses platform digital yang tak tertandingi dalam olahraga bermotor.

"Kejuaraan MotoGP menawarkan tontonan sangat menawan bagi penggemar. Bagi Michelin sendiri, motorsport adalah laboratorium teknologi yang saat sama juga mendorong transfer teknologi dan solusi berkelanjutan bgi banyak orang," tandasnya.

Seperti kontrak yang sedang berjalan, hingga 2026 mendatang Michelin juga punya slot 1 kali menjadi title sponsor dalam satu musim kompetisi.

Untuk tahun 2021, slot itu sudah digunakan Michelin di GP Styrian lalu dengan tajuk event Michelin Grand Prix of Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, yang secara mengejutkan dijuarai pembalap ruki Jorge Martin (Pramac Ducati). (rnp)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan