Pengecekan Sederhana Rem Mobil agar Tetap Awet, Meskipun Jarang Digunakan

Kamis, 16/09/2021 14:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tentu masih banyak pekerja tidak beraktivitas seperti biasa. Penggunaan mobil pun tak sesering mungkin. Meskipun demikian perawatan unit, perlu dilakukan agar komponennya tetap sehat.

Salah satunya adalah pengecekan rem mobil, yang menjadi salah satu komponen penting. Berikut tips sederhana merawat rem mobil agar tetap prima saat digunakan.

Bersihkan bagian luar rem

Bagian terluar rem perlu dibersihkan. Paling tidak, seminggu sekali untuk memastikan tidak ada kerikil atau debu yang menempel, sehingga tidak mengganggu performa rem. Untuk membersihkanya, cukup semprot dengan air bertekanan, untuk melunturkan kotoran yang menempel pada bagian rem.

Bersihkan Kanvas rem

Kanvas rem adalah bagian penting dari sistem pengereman. karena ia yang menahan laju roda, ia harus tetap bersih, sehingga bekerja optimal. Bersihkan kanvas rem dengan kompresor angin agar tidak debu yang menempel. Pengecekan juga perlu dilakukan untuk penggantian bila pengereman sudah tidak pakem.

Ganti Minyak Rem

Meski mobil jarang digunakan, mengecek dan mengganti minyak perlu dilakukan. Pemeriksaan rutin, bisa meminimalisir kemungkinan adanya kebocoran atau kondisi lain yang membuat rem mobil tidak bisa berfungsi sempurna. Bisa minyak rem diganti setiap menempuh jarak 20 ribu Km atau 50 ribu Km.

Jika ternyata minyak rem telah habis sebelum masanya, ada kemungkinan terjadinya kebocoran, dan hal ini harus segera diatasi dengan membawa mobil ke dealer resmi.

Cek Kanvas rem

Meskipun mobil jarang digunakan pengecekan kanvas rem wajib dilakukan. Mobil yang terparkir dalam garasi biasanya menggunakan rem parkir. Kondisi ini, tidak boleh dibiarkan terlalu lama, karena akan membuat kanvas rem menempel erat dengan cakram.

Untuk meminimalisir hal itu, lepaskanlah rem tepat saat memarkir mobil di permukaan yang rata. Sebagai catatan, jika jarak tempuh mobil matic sudah mencapai 20 ribu Km, dan mobil manual 40 ribu kilometer kanvas perlu diganti.(Elk)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan