Dukung PON XX Papua, Kemenhub Kirim 428 Bus untuk Transportasi para Atlet

Selasa, 21/09/2021 11:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 dilaksanakan pada 2 - 15 Oktober 2021 akan digelar di satu kota provinsi dan 3 kabupaten di Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Pelaksanaan PON  XX ini akan mengompetisikan 37 cabang olahraga (cabor) meliputi 679 nomor perlombaan yang akan diadakan secara virtual atau bisa dihadiri atau ditonton penuh atau sebagian masyarakat.

Mengingat pelaksanaannya masih dalam masa pemulihan dari Covid-19, maka hasil pembahasan Technical Handbook (THB) PON XX 2021 Papua, ditetapkan ada 21.338 orang yang akan terlibat dengan mengikuti protol kesehatan ketat.

Jangan sampai event olahraga nasional yang bergengsi ini justru menjadi kluster baru penyebaran Covid-19.

Berikaitan dengan kelancaran jalannya PON XX Papua ini, Kementerian Perhubungan mendukung penuh layanan transportasi untuk event tersebut, dengan menyiapkan bus untuk transportasi para atlet.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, dalam suratnya kepada Ketua Umum PB PON XX Papua, mengungkapkan akan ada pengadaan 428 bus, dengan jumlah 9.703 tempat duduk (TD) untuk transportasi 9.663 atlet dan official selama penyelenggaraan PON XX, yang terdiri dari 217 bus mikro (19 TD) dan 211 bus medium (25 TD).

Bus akan didistribusikan ke empat lokasi klaster lokasi pelaksanaan PON XX antara lain, di tiga kabupaten dan satu kota, dengan jumlah bus yang dikirim sesuai kebutuhan transportasi para atlet dan official di masing-masing kluster.

Bus sendiri telah mulai dikirimkan pada tanggal 13 September lalu ke masing-masing kluster 10 sampai 14 hari sebelum kedatangan para atlet dan tim official.

“Poin yang terpenting, oleh karena pandemi Covid-19 belum usai dalam pengoperasian bus saat melayani para atlet dan official wajib menerapkan protokol kesehatan (3M) dengan maksimal membawa penumpang 80% tempat duduk,” ungkap Budi Setiyadi beberapa hari lalu.(elk)

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Kualitas dan Penjualan Ngejreng, GAC Aion Jadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan