Pakai Teknologi Apik, Bus Hino RN 285 Lebih Efisien dalam Operasi Transportasi

Jum'at, 24/09/2021 11:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pemain utama dalam transportasi darat di Indonesia. Salah satunya adalah Hino Bus. Sebagai pemain lama, mereka memiliki berbagai model bus untuk melayani ragam kebutuhan transportasi

Hino memiliki varian Bus yang lengkap seperti bus antar kota, bus karyawan, bus sekolah, dan bus pariwisata di Tanah Air. Bus yang menjadi tulang punggung mereka dan banyak digunakan untuk Perusahaan Otobus untuk transportasi antar kota adalah Bus RN 285 bermesin commonrail dengan suspensi udara

Bus RN 285 bermesin commonrail dengan suspensi udara ini banyak dioperasikan oleh sejumlah perusahaan otobus (PO) yang melayani trayek antarkota antar provinsi di Pulau Jawa, Bali dan kota–kota lainnya.

Banyak PO Bus yang melayani penumpang untuk berbagai rute di Pulau Jawa menggunakan tol Trans Jawa untuk menghemat waktu perjalanan. Berangkat dari hal ini, Hino melakukan sesi pengujian untuk mengukur temperature oli mesin Bus Hino RN 285 yang melintasi ruas tol Trans Jawa.

Pengetesan menggunakan perangkat Monitoring Graphtec Digital Logger ini, menggunakan data Hino DX II memonitor kecepatan bus, putaran mesin (rpm), engine coolant temperature dan konsumsi bahan bakar, dengan tujuan untuk mengetahui kondisi bus.

Saat pengetesan, bus diberangkatkan dari Terminal Pulogebang, Jakarta tujuan Terminal Purabaya, Surabaya melintasi ruas tol Trans Jawa. Dari hasil monitor data saat pengetesan, Bus Hino RN 285 menunjukkan temperature oli sebesar 119.5° Celcius.

Indikator ini di bawah standard flash point-nya, yakni 230° Celcius. Sementara itu, rpm tertinggi mencapai 2.762 dan kecepatan tertinggi bus mencapai 143 km/jam. Sementara, rpm terendah berada di level 2.321 dan kecepatan terendah di 107 km/jam.

Hal ini mengungkap, bus berkapasitas 33 penumpang, yang digunakan sebagai bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) PO Sinar Jaya jurusan Jakarta-Surabaya (PP), memiliki tingkat flash point yang baik.

Chief Operating Oficer (COO) – Director HMSI, Santiko Wardoyo, Hino telah berkelaman puluhan tahun membangun bus-bus dengan tingkat kenyamanan dan efisiensi tinggi, sehingga akan menjadi partner bisnis transportasi yang baik.

“Hasil pengetesan menunjukkan mesin tetap stabil dan terjaga suhunya, walaupun pemakaian oli lebih kecil pada mesin Hino Bus RN285 dibanding brand lain. Hal ini membuatnya lebih hemat dalam operasional, karena pengeluaran untuk penggantian pelumas mesin secara berkala lebih hemat,” tuturnya

Hino Bus RN 285 memiliki teknologi lubang pelumasan yang disebut oil gallery pada piston yang bekerja untuk mendinginkan mesin kendaraan dan menjaga mesin tetap beroperasi optimal

"Lubang oil gallery ini akan meningkatkan efisiensi pendinginan pada mesin jika dibandingkan dengan mesin bus dengan tipe piston tanpa oil gallery. Piston yang dilengkapi dengan oil gallery, 50% panas yang dihasilkan dari piston akan ditransfer ke minyak pelumas atau oli," ujarnya.(elk)

TERKINI
Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik!