F1 2021 Rusia: Tak Ikut Sesi Kualifikasi di Sochi, Ini Alasan Max Verstappen

Sabtu, 25/09/2021 23:01 WIB

mobilinanews (Rusia) - Berbagai kejutan muncul di 3 babak kualifikasi GP Rusia di Sirkuit Sochi, Sabtu (25-9-2021). Termasuk yang mengejutkan adalah keputusan Red Bull Honda menarik mundur Max Verstappen meski sudah ikut out lap Q1.

Verstappen akhirnya sama sekali tak muncul untuk catatakan waktu dalam tiga tahap kualifikasi di Q1, 2 dan 3.

Sesi itu sendiri memunculkan kejutan lain karena dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, justru dikecundangi para pembalap yunior.

Dominasai Mercedes di Sochi patah kali ini karena pole position jatuh kepada driver tim McLaren, Lando Norris

Tak itu saja. Posisi 2 dan 3 pun ditempati Carlos Sainz (Ferrari) dan George Russell (Williams) yang sama sekali di luar perkiraan. Hamilton sendiri berada di P4 sedangkan Bottas di P7 setelah diselak Daniel Ricciardo (McLaren) dan Fernando Alonso (Alpine).

Verstappen memilih tak kut kualifikasi dengan alasan menjaga mobilnya agar benar-benar fit dipakai buat race besok. Apalagi, apa pun hasil kualifikasi, ia tetap akan start dari belakang akibat ganti mesin.

"Lebih masuk akal bagi kami untuk melindungi mobil (dari berbagai kemungkinan). Tidak ada gunanya ikut banyak lap di sesi ini," kata Verstappen.

Ia butuh mobil yang benar-benar sehat karena yakin raceday pada Minggu (26-9-2021) pukul 14.00 waktu lokal akan berlangsung kering. Tidak seperti sesi Sabtu ini di mana hujan lebat yang dibarengi angin kencang dan petir menyebabkan pembatalan sesi FP3 dan penundaan sesi kualifikasi.

"Sesuai prediksi cuaca yang kami terima, besok pasti kering," tegasnya.

Ia mengaku sudah punya set up untuk digunakan pada race. Pada musim 2018, ia start ke-19 di Sochi ini namun mampu finish di P5.

Ia mengaku berat untuk mengulangi hal yang sama karena peta kekuatan tim yang sudah jauh berbeda. Contohnya adalah Russell yang mampu bawa Williams ke posisi start 3 di Sochi.

"Tentu banyak hal lain lagi yang bisa terjadi. Target saya tak lain hanyalah meraih sejumlah poin yang bisa diraih," imbuh Verstappen yang saat ini memimpin klasemen dengan keunggulan 5 poin atas Hamilton.

Alonso yang start dari P6 berkomentar posisinya sama sekali tak aman dari kejaran Verstappen untuk mendapatkan poin penting.

Ia memastikan akan melihat RB16B besutan Verstappen melalui kaca spion mobilnya. Tinggal menunggu lap keberapa terjadi dari total 52 lap saat balapan.

Ya, Verstappen akan jadi sorotan di sepanjang race ini terkait rivalitasnya berburu poin dengan Hamilton pada kejuaraan dunia tahun ini.

Sama menariknya dengan melihat seberapa lama Hamilton bisa menyodok para pembalap yang start dari depannya. (rnp)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman