Astra Honda Motor Aktif Lestarikan Alam dengan Menanam Ribuan Pohon

Senin, 04/10/2021 15:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra Honda Motor (AHM) mewujudkan komitmennya ikut menjaga keanekaragaman hayati negeri. Salah satunya dengan menanam 1.200 pohon yang tersebar di dua Kabupaten di Jawa Barat.

Tahun ini, program pelestarian lingkungan ini dilakukan dengan menanam 500 pohon buah langka dan lokal khas nusantara di Bukit Cibakung, Kampung Cidadap, Kabupaten Bandung Barat, pekan lalu (30/9).

Mereka juga menanam 700 pohon mangrove di pesisir pantai utara Jawa bertempat di Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Hal ini merupakan gerakan berkesinambungan untuk menjaga lingkungan, sekaligus memberikan peluang ekonomi baru bagi masyarakat.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan pohon merupakan bagian terpenting dari ekosistem alam untuk menjaga bumi dengan kelestarian keanekaragaman hayati di seluruh penjuru Tanah Air, sehingga Hond ingin andil dalam gerakan ini.

“Program penanaman pohon ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya sebagai obyek pariwisata maupun hasil budidaya, menjaga kelestarian tanaman langka, menghijaukan lahan tandus, dan meningkat jumlah oksigen dan mencegah abrasi laut,” ujar Muhibbuddin.

AHM telah melakukan perjalanan panjang untuk aktivitas ini. Di Desa Segarajaya atau yang lebih dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Bekasi dengan nama Jembatan Cinta Tarumajaya, AHM telah menanam 6.500 pohon mangrove.

Selain di desa ini, AHM juga telah menanam sekitar 10.250 pohon mangrove di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan di Muaragembong, Bekasi sebagai upaya konservasi Bekantan dan Lutung Jawa sebagai fauna asli Indonesia.

Sementara itu, upaya dalam melestarikan buah langka dan lokal Nusantara dilakukan di Pranaraksa Center yang telah digulirkan sejak tahun 2019. Di tempat ini telah ditanam sebanyak 1.500 pohon buah, sebagian di antaranya merupakan buah langka.

Mereka juga bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam menjalankan program pelestarian keanekaragaman hayati, dengan menanam sebanyak 32 jenis pohon buah yang berbeda, di antaranya 20 jenis buah langka seperti Menteng, Mundu, Jamblang, Matoa, Bisbul, dan lainnya.

Bagi petani lokal, pohon buah yang ditanam merupakan buah produktif yang memiliki nilai ekonomis yakni 12 jenis pohon buah seperti Jambu Kristal, Manggis, Sawo Manila, Kelengkeng, Alpukat, dan lain sebagainya.(elk)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan