Mazda 2 Generasi Baru di Eropa akan Pakai Toyota Yaris, Cuman Ganti Logo

Selasa, 05/10/2021 13:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mazda 2 generasi berikutnya yang hadir Eropa, dikabarkan akan direbadge dari Toyota Yaris THS. Keterangan resmi mengenai penggunaan lebel Mazda di Yaris ini belum disampaikan. Namun sejak tahun lalu pihak Mazda telah mengumumkan soal rebadge ini.

Hal ini dilakukan untuk mencapai target emisi CO2 di Uni Eropa. dan Toyota Yaris Hybrid ini menjadi bagian dari itu.

Meskipun belum ada gambar resmi dari Mazda 2 baru, sebuah spyshots menunjukkan bahwa produk baru Mazda yang hadir untuk pasar Eropa merujuk padaToyota Yaris yang diperbarui.

Contoh rebadge ini terlihat di fasilitas Mazda di Eropa. Dalam sebuah uj coba terlihat sebuah mobil dengan tubuh seperti Yaris ditemukan, lengkap dengan selotip yang menutupi merek mobil, yang dengan jelas terlijat logo merek "M" tersebut, ungkap Paultan.

Selain logo Mazda, desainnya juga cukup banyak meniru hatchback Toyota, sampai ke lambang Hybrid bagian di belakang. Dan ini secara gamblang menunjukan bahwa Mazda akan menggunakan Yaris dalam rebadge kali ini.

Di Eropa, Yaris Hybrid memiliki mesin tiga silinder 1.5 liter naturally-aspirated M15A-FXE dengan tenaga 91 hp dan torsi 120 Nm, yang dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 79 hp dan 141 Nm.

E-motor yang melekat padanya akan mengambil daya dari baterai lithium-ion dengan kapasitas energi 4,3 Ah dan berkontribusi pada output sistem yang membuatnya memiliki total tenaga 114 hp, dipadukan teknologi e-CVT melengkapi powertrain, dengan penggerak ke roda depan.

Kombinasi mesin ini membuat mobil rebadge ini, mampu melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam 9,7 detik, dengan kecepatan tertinggi 175 km/jam. Dari segi efisiensi, Yaris Hybrid memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat rendah 3,8 liter/100 km mengikuti standar WLTP.

Mengenai rebadge sendiri, ini bukan pertama kalinya Mazda dan Toyota berbagi model, karena Yaris Hatchback 2020 yang sebelumnya dijual di Amerika Serikat yang sekarang telah dihentikan, didasarkan pada Mazda 2.

Contoh lain dari penggunaan lencana yang melibatkan Toyota di Eropa adalah Suzuki. Across, juga merupakan model plug-in hybrid dengan basis yang sama dengan Toyota RAV4 Prime yang membantu Suzuki lolos dalam uji emisi di Eropa.

Dengan pertimbangan itu, Mazda 2 berbasis Yaris mungkin menjadi model khusus untuk Eropa, dan kita bisa temukan itu pada model generasi berikutnya yang dibangun di atas Arsitektur Multi-Solution Scalable milik Mazda untuk mobil di masa depannya.(elk)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Turun Full Team Dengan Mainkan Duet Ogier dan Rovanpera, Hyundai Keluarkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok, Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh