WRC 2022 : Setelah 3 Tahun Jadi Anak Bawang di Hyundai, Craig Breen Jadi Andalan M-Sport Ford!

Rabu, 06/10/2021 20:21 WIB

mobilinanews (Inggris) - Belakangan Ford Fiesta tenggelam di podium WRC dan kalah bersaing dengan Toyota Yaris dan Hyundai i20. Tahun depan dengan regulasi teknis yang berubah radikal, M-Sport Ford hadir dengan joki baru: pereli top Irlandia Craig Breen.

Juara dunia SWRC 2012 dan WRC Academy 2011 itu kini resmi dipinang M-Sport Ford untuk musim 2022-2023. Statusnya full sebagai pembalap WRC yang bertarung dalam kejuaraan dunia.

Itu tiket emas yang 6 tahun lamanya ia tunggu saat masing-masing tiga musim membela Citroen dan Hyundai di serial WRC

Sayangnya 3 musim (2019-2021) di Hyundai, putra legenda reli Irlandia Ray Breen ini hanya jadi anak bawang di tim utama. Ia hanya bayangan di bawah nama besar Ott Tanak, Thierry Neuville dan Dani Sordo. Padahal, reputasi Breen di atas Hyndai i20 tidaklah buruk.

Musim 2021, misalnya, meski hanya berlaga pada 5 sri dari 10 seri WC yang sudah berlangsung, ia tampil impresif dengan hasil paling buruk adalah P8 di Rally Crotia.

Empat seri lainnya ditutup dengan hasil tiga kali podium (runner up Rally Estonia dan Belgia serta P3 di Rally Finlandia beberapa hari lalu) dan P4 di Rally Arctic. 

"Ini semacam tiket emas yang diberikan M-Sport Ford. Saya akan bertarung full dalam serial WC tahun depan dan bertarung dalam perebutan gelar. Senang sekali rasanya masuk dalam daftar pereli tim Ford yang melegenda di kejuaraan dunia, tercata bersama nama-nama besar macam Ari Vatanen, Hannu Mikola, Colin McRae dan Carlos Sainz," kata Breen yang kini bermur 31 tahun.

Tahun depan WTRC mengenalkan mobil spek baru yang disebut Rally1 berbasiskan teknologi hybrid. Karena itu masih sulit menakar peluang para pereli tim pabrikan.

Masih bersama navigator setianya, Paul Nagle, Breen akan menggeber M-Sport Ford Puma Hybrid Rally1 yang menandai era baru WRC mulai tahun depan.

"Mendapatkan posisi ini adalah sebuah jalan panjang bagi saya dan Paul. Kami melewati banyak tikungan dan rintangan. Kini kami memperkuat brand yang bergengsi di arena motorsport," imbuh Breen yang mulai serius menggeluti reli mobil pada umur 17 setelah sebelumnya berkomeptisi di arena gokart sejak usia 9 tahun.

Team PrincipalM-Sport Ford Malcolm Wilson mengaku puas bisa merekrut Breen ke dalam timnya. Ia pun mengaku telah sejak 10 tahun lalu mengamti perkembangan Breen hingga finish 3 Besar di Rally Finalndia pada Minggu (3 Oktober) lalu.

"Saya telah menyaksikannya berkembang di atas sejumlah mobil M-Sport yang berbeda," kata Wilson yang sudah memimpin timnya saat mengikuti Rally of Indonesia di Sumut pada 1996 dan 1997.

Wilson pun tak gundah soal adaptasi dari Hyundai ke Ford. Sebab, Breen sudah akrab dengan Ford Fiesta sebelumnya. Ia sudah besut berbagai macam type Fiesta. Mulai dari Fiesta ST, R2 dan Fiesta S2000 di berbagai macam kancah reli.

Dan, sekarang Breen punya waktu lebih dua bulan lebih untuk  Fiesta Rally1 sebelum debutnya di Rally Monte Carlo awal tahun depan. (rnp)

 

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060