All New Toyota Kijang Innova VS Kompetitor: Panduan Membeli

Rabu, 25/11/2015 10:33 WIB

mobilinanews – Volkswagen sudah cukup lama tidak lagi menjadi mobil rakyat, meski dalam Jerman kata “Volkswagen” berarti mobil rakyat. Nah, di Indonesia hal itu telah terjadi situasi yang sama.

Peluncuran generasi baru Toyota Kijang pada Senin (23/11) telah mengubah sejarah panjang mobil keluarga yang merakyat tersebut. Generasi baru Kijang tidak lagi murah untuk rakyat, harganya sudah menembus Rp 423,8 juta on the road Jakarta (tipe Q AT Diesel). Harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan lebih dahulu.

Lantas apa saja sih kelebihan mobil keluarga yang kini merambah konsumen menengah atas tersebut. Berikut informasinya...

Tampilan eksterior, selain perubahan desain yang frontal dengan teman Grand Tourer, All New Kijang Innova mengunakan velg 16-inchi untuk tipe G dan V. Sementara untuk tipe Q Diesel dibekali velg 17-inchi.

Interior All New Kijang Innova dibekali dashboard dan panel instrumen baru, serta berbagai fitur yang lebih sempurna seperti informasi MID, voice command (perintah melalui suara) dan smart phone connectivity MiraCats. Untuk tipe Q dan V dibekali head unit ukuran 8-inchi dengan menu lebih interaktif, termasuk menu Toyota Move. Untuk tipe Q dibekali layout kursi model Captain Seat dengan illuminated rood LED.

All New Kijang Innova dibekali mesin bensin baru 1TR-FE 2,0-liter bertenaga puncak 137 ps dan torsi 183 Nm dengan konsumsi BBM lebih efisien dengan dukungan teknologi Dual VVT-i. Untuk tipe mesin diesel dibekali mesin 2GD-FTV 2,4-liter berteknologi Variable Nozzle Turbo dengan intercooler bertenaga 147 hp dan torsi 342 Nm (versi transmisi 5-percepatan manual) dan 360 Nm (versi transmisi AT 6-percepatan).

Khusus transmisi AT 6-percepatan dibekali Automatic Sport Sequential Shiftmatic, serta fitur baru kontrol pengatur sistem kemudi bernama Drive Mode (Normal Mode, Eco Mode dan Power Mode).

Profil Para Kompetitor

Bermain di klasifikasi harga Rp 400 jutaan, generasi terbaru Toyota Kijang ini pun mau tidak mau berhadapan dengan lineup kendaraan mewah dari merek lain.

Di segmen harga Rp 400 jutaan, karakter konsumen tidak lagi emosional yang sekedar mempertimbangkan merek dan nilai jual kembali, namun lebih pada nilai keunggulan fitur dan spesifikasi yang diusung setiap mobil yang ditawarkan.

Berikut beberapa kompetitor All New Toyota Kijang Innova di klasifikasi harga Rp 400 jutaan:

Honda CR-V

Meski berdesain SUV, namun Honda CR-V bisa menjadi pilihan lain konsumen di rentang harga Rp 400 jutaan. Honda CR-V hadir dalam pilihan mesin 2,0-liter dan 2,4-liter, dengan transmisi otomatis 6-percepatan pada rentang harga mulai Rp 395 juta hingga Rp 487,5 juta.

Urusan fitur, Honda CR-V juga cukup berlimpah fitur unggulan yang tidak kalah kompetitif, di antaranya auto AC with Dual Zone Climate Control dan ventilasi untuk kursi baris belakang, new power tailgate (buka tutup bagasi dengan memecet tombol di smart key) dan nano technology (sistem pembersih udara di dalam kabin).

Honda CR-V hadir dalam 5-kursi penumpang, namun pihak Honda Indonesia menyediakan opsional kursi tambahan di baris ketiga dengan tambahan biaya.

Hyundai Santa Fe

SUV 7-seater ini pas menjadi pilihan bagi keluarga yang mengedepankan kualitas, keamanan dan desain yang modern. Meski berdesain SUV, Hyundai Sante Fe berhasil dinobatkan sebagai “Family Car of the Year’ di Amerika Serikat pada tahun 2015 ini dari Cars.com.

Urusan standar keselamatan, Hyundai Santa Fe berhasil mendapat sertifikasi rating tertinggi dari Euro NCAP di Eropa dan NHTSA di Amerika Serikat.

Di Indonesia, Hyundai Sante Fe dibekali pilihan mesin bensin Theta II 2.4 MPI D-CVVT dan mesin diesel 2.2 CRDi-VGT, dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Harganya mulai Rp 417,5 juta hingga Rp 534,25 juta, on the road Jakarta (harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu).

Nissan X-Trail

Generasi terbaru SUV dari Nissan ini juga memiliki layout kursi 7-penumpang. PT Nissan Motor Indonesia melalui jaringan dealer di Jabodetabek mulai 385,45 juta (tipe 2,0-liter MT), Rp 416,35 juta (tipe 2,0-liter CVT) dan Rp 445,6 juta (tipe 2,5-liter CVT). Harga on the road Jakarta, harga sewaktu-waktu dapat berubah sewaktu-waktu.

Beberapa fitur unggulan generasi terbaru Nissan X-Trail di antaranya head unit 8-inchi yang dilengkapi fitur Around View Monitor 360 derajat, sensor parkir depan dan belakang, Advanced Drive-Assist Display (menyajikan info seputar kendaraan dan perjalanan), push engine start button (menyalakan mesin dengan sistem tekan tombol), dual zone auto climate control (zona pembagi pendingin udara untuk pengemudi dan penumpang depan), dan hands free (touchless) back door system.

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas