Pereli Don Darmawan Enjoy Dengan Karakter Sirkuit Stage Park Sentul

Minggu, 10/10/2021 01:38 WIB

mobilinanews (Bogor) - Sirkuit Stage Park Sentul yang berlokasi di bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyuguhkan karakter yang menantang bagi para pereli.

Bagaimana tidak, untuk memulai sprint rally di sirkuit ini pereli langsung dihadapkan dengan kontur jalan yang menanjak.

Meski terlihat terjal, namun pereli Don Darmawan mengatak sangat menikmati suguhan lintasan yang dibuat oleh master track, Herry Thaib atau Aik.

Pasca mencoba lintasan, Don mengatakan secara keseluruhan memang lintasan ini begitu memacu adrenalin karena kontur alami yang berlokasi di perbukitan.

"Secara keseluruhan sudah bagus tracknya. Hanya saja ada beberapa titik yang menurut saya harus diperbaiki," ujar Don Darmawan kepada mobilinanews.

Lebih lanjut, pereli yang turun di Kelas F.2 menjelaskan perihal titik yang menurutnya cukup riskan adalah kondisi jalan yang menurun dan langsung dihadapkan dengan u-turn.

"Salah satunya adalah sektor dari turunan yang langsung dihadapkan dengan U turn, sedangkan kondisi kita ada di atas. Di samping itu, berem-nya juga kurang tinggi, hal ini menjadi fokus apabila ada pereli yang overshoot, maka akan terlalu membahayakan peserta," lanjut Don.

Kendati demikian, ia juga melihat dengan kondisi lintasan seperti ini akan memberikan effort lebih kepada mobil rally yang memiliki torsi kecil.

Hal ini akan menyulitkan untuk melakukan akselerasi lantaran tanjakan lintasan ini begitu menantang.

"Kalau lintasan yang menanjak, saya kira enggak terlalu masalah ya. Tapi untuk mobil rally yang torsi kecil, mereka juga akan ngos-ngosan juga. Tapi kalau bagi saya, ya itu tidak masalah," tandas Don Darmawan yang ditemani Toncil saat sesi pengenalan Sirkuit Stage Park Sentul hari ini.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan bahwa lay out sirkuit terlalu banyak tikungan, pendek-pendek, dan kurang track lurus sehingga dimungkinkan hanya pakai gigi 1 dan 2 saja.

Sayang sekali mobil dengan power besar tidak bisa optimal untuk gaspol dan capai top speed. Tapi masih ada waktu untuk melakukan revisi. Karena saat ini kan baru soft launching. (hf, bs)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik