F1 2021 Turki: Red Bull Honda Curigai Anehnya Top Speed Mercedes

Minggu, 10/10/2021 23:18 WIB

mobilinanews (Turki) - Double podium Max Verstappen dan Sergio Perez di GP Turki, Minggu (10/10/2021), disambut sukacita luar biasa oleh Team Principal Red Bull Honda Christian Horner. Namun pikirannya tetap terusik oleh Mercedes.

Hasil itu membuat Verstappen kembali ke puncak klasemen pembalap 2021 dengan keunggulan 6 angka atas Lewis Hamilton (Mercedes). Sementara Perez meraih podium kali ketiganya bersama tim Austria yang bermarkas di Inggris itu.

"Checo (panggilan Perez) beri perlawanan keras terhadap Lewis, sekeras yang dilakukan Max," puji Horner soal kemampuan Perez menahan laju Hamilton dalam beberapa lap dengan beberapa aksi yang ketat di dalam tikungan. 

Hamilton berulangkali mencoba nyalip Perez, namun pembalap Meksiko itu mampu bertahan sekaligus membuang waktu Hamilton sebagai bentuk melindungi posisi Verstappen di depan.

Hamilton baru bisa ambil posisi Perez saat team mate Verstappen ini masuk pitlane untuk ganti ban.

Puas dengan hasil lomba, Horner akui tetap saja curiga dengan mesin yang digunakan Hamilton di GP Turki. Secara khusus ia merasa top speed W12 milik driver Inggris itu mencurigakan.

"Jika Anda perhatikan top speed Lewis di trek lurus, kecepatannya lebih 15 hingga 20 km/jam dari seharusnya. Bisa jadi mereka gunakan konfigurasi yang berbeda," kata Horner.

Ia mengaku telah mempertanyakan hal itu kepada FIA sebagai 'polisi' di kancah balap mobil dunia.

"Kami sekadar bertanya untuk klarifikasi. Kami tidak memprotes apa pun. Pertanyaan itu wajar karena tim lain juga mempertanyakan," tegasnya.

Bisa dipastikan kecurigaan Horner bakal dikomentari sinis oleh Toto Wolff sebagai Team Principal Mercedes. Maklum, kedua petinggi tim ini juga banyak terlibat cekcok mulut di tengah rivalitas Hamilton dan Verstappen dalam perebutan gelar 2021. (rnp)

 

 

TERKINI
PEVS 2024 : Yuk Jajal Langsung dan Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda MotoGP 2024: Adaptasi Sudah Beres, Tiba Saatnya Marc Marquez Ngegas GP23 Melawan GP24 PEVS 2024 : MG Tampilkan 3 Kendaraan Listrik Berpredikat Rating 5 Bintang Euro NCAP Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik Baru BYD e6 Gen 2