Honda Siapkan Sistem Penjualan Baru, Konsumen Bisa Kontrak Mobil Bulanan

Selasa, 12/10/2021 11:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Honda memaksimalkan kemajuan dunia digital yang serba terkoneksi, dengan layanan penjualan inovatif dan menarik. Di negara asalnya, Jepang, mereka menjadi produsen mobil pertama yang menawarkan layanan penjualan online kepada pelanggan lokalnya.

Tak hanya itu, layanan penjualannya pun unik dan membuat banyak orang penasaran. Pasalnya, layanan yang disebut Honda ON, yang ditawarkan kepada penduduk Tokyo berdasarkan kontrak. Bagimana kontrak itu?

Pelanggan dapat memilih kontrak tiga atau lima tahun untuk menggunakan N-Box, Fit, Freed, atau Vezel (HR-V). Mereka akan membayar biaya bulanan yang mencakup kendaraan dan biaya perawatan dan Honda juga akan menawarkan opsi bagi pelanggan untuk membeli mobil setelah kontrak berlangganan berakhir.

Saat menggunakan layanan ini, pelanggan dapat memilih diler Honda lokal mana, yang mereka inginkan agar mobil tersebut dikirimkan dan di mana perawatan berkelanjutannya akan dilakukan, ungkap Carscoops.

Harga langganan mulai dari 31.060 yen atau setara Rp 3,8 juta per bulan untuk N-Box. Sementara itu, Fit dibanderol mulai 42.550 yen atau Rp 5,3 juta, Freed mulai 48.850 yen atau Rp 6,1 juta, dan Vezel mulai 48.460 yen atau Rp 6,07 juta, termasuk pajak.

Pembeli juga dapat menjadwalkan test drive melalui layanan Honda ON jika ingin mencoba mobil baru sebelum berkomitmen untuk berlangganan. Hal ini merupakan terobosan yang akan sangat menguntungkan pelanggan Honda atau konsumen.

Sejumlah pembuat mobil telah memperkenalkan model berlangganan di pasar yang berbeda di seluruh dunia, dengan berbagai tingkat keberhasilan. Misalnya, layanan `Care by Volvo` yang ditawarkan oleh pabrikan Swedia telah beroperasi sejak 2017 dan terus berkembang ke pasar baru.

Sebagai perbandingan, Mercedes-Benz juga pernah melakukan program yang mirip. Namun mengakhiri layanan berlangganannya pada pertengahan 2020 setelah hanya beberapa ratus orang mendaftar di Amerika Serikat.

Sebagai awalan sistem kontrak mobil Honda ini, baru berlangsung di Tokyo dan rencananya ke depan, setelah dievaluasi lebih lanjut akan berlaku dalam sekala nasional meliput seluruh Negeri Samurai tersebut.(elk)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060