Hino Gandeng PKTJ Kemenhub Untuk Penelitian Keselamatan Transportasi

Rabu, 13/10/2021 09:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) merupakan salah satu brand yang selalu berorientasi pada keselamatan transportasi jalam, khususnya pada oprasional kendaraan komerisial Tanah Air.

Berkaitan dengan itu, Hino bekerja sama dengan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) yang berada dibawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan.

Dalam kerjasama ini, merea melakukan penelitian bertajuk “Panduan Pengereman Pada Kendaraan Truk”. Penelitian ini melibatkan, para Dosen pengajar PKTJ yang membahas mengenai sistem pengereman kendaraan Truk Hino.

Penelitian ini dianggap sangat penting untuk PKTJ, karena materi ini akan digunakan sebagai referensi dalam pembuatan pedoman sistem pengereman bagi pengemudi. Karena pengereman merupakan hal yang penting dalam keamanan dan keselamatan berkendara dalam transportasi di jalan.

Perwakilan peserta PTKJ Kemenhub, Moch. Aziz Kurniawan mengungkapkan program seperti ini sangat baik, sehingga kerjasama seperti ini, kedepannya harus terus berlanjut untuk meningkatkan keselamatan transportasi di jalan.

"Melalui hasil training, akan menjadi salah satu sumber yang akan kami tambahkan dan gabungkan dalam bentuk materi pedoman, atau panduan untuk kami sosialisasikan kepada para pengemudi. Sehingga membantu menurunkan angka kecelakaan, khususnya akibat kesalahan dalam pengereman,” ungkapnya.

Dalam penelitian ini, para dosen PTKJ di perguruan tinggi kedinasan yang berlokasi di Kota Tegal, Jawa Tengah, mengembangkan kualitas materi ajar yang sesuai dengan kondisi transportasi darat khususnya truk dan bus, dengan menghasilkan sumber daya manusian (SDM) yang mumpuni.

Hino sendiri sangat mendukung penelitian seperti ini, karena ia merupakan market leader medium duty truck dalam kurun waktu 21 tahun terakhir ini, dengan menguasai lebih dari 50% market share.

Selain itu, melalui Hino Training Center, HMSI memiliki tempat pelatihan dan mempunyai materi yang lengkap mengenai keselamatan, cara mengemudi, dan operasionalisasi kendaraan truk dan bus Hino yang selalu kita berikan pelatihan untuk pelanggan dan juga staf Pemerintahan yang membutuhkan.

“Transportasi harus mengedepankan keselamatan dan keamanan. Untuk itu, dibutuhkan SDM yang terampil. Hino siap membantu pemerintah melalui program–program yang dijalankan, agar kedepannya SDM yang ada dapat meningkatkan kualitas pengemudi yang prima dan profesional untuk mewujudkan transporasi aman dan berkeselamatan,” ujar After Sales Director HMSI, Irwan Supriyono.(elk)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan