WRC 2021 Catalunya: Partai Final di Monza, Toyota vs Hyundai Plus Sebastien Ogier vs Elfyn Evans

Minggu, 17/10/2021 22:38 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Pereli top Sebastien Ogier gagal mengunci gelar juara dunia WRC 2021 di Rally Catalunya, Spany yang berakhir Minggu, 17 Oktober 2021. Perburuan trofi berlanjut ke putaran final Rally Monza di Italia. Dan, duel Toyota versus Hyundai juga lanjut hingga seri terakhir.

Tim Hyundai dominan di Rally Spanyol lewat Thierry Neuville dan Dani Sordo, masing-masing dengan 9 dan 4 kemenangan di SS (Special Stage). Jagoan Toyota Gazoo Racing, Sebastien Ogier dan Elfyn Evans, hanya kebagian masing-masing dua kemenangan di SS.

Sayangnya, Neuville dan Sordo sejak awal tak lagi punya kans berebut gelar juara dunia 2021. Gelar itu tinggal diperebutkan Ogier dengan Evans, sesama pembesut Yaris WRC.

Sayangnya juga, Ogier gagal finish di depan Evans sehingga perebutan gelar lanjut ke Rally Monza di Italia pada 18-21 November mendatang. Itu lantaran Evans finish P2 sementara Ogier di P4i.

Di sisi lain, sukses Neuville dan Sordo finish P1 dan P3 membuat tim pabrikan Korea ini masih punya kesempatan terakhir menantang Toyota di kejuaraan dunia konstruktor. Tempatnya ya di Monza itu.

Jelas tak mudah karena Hyundai tertinggal 47 poin di kelasemen konstruktor. Tapi, namanya motorsort maka banyak hal tak terduiga bisa terjadi.

Ya, sirkuit F1 ikonik di Italia itu menjadi ajang terakhir serial WRC 2021. Ini kesempatan terakhir Ogier untuk meraih gelar dunia kali ke-8 sebelum pensiun dari WRC. Buat Evans, ini kesempatan perdana jadi juara dunia WRC.

Sayangnya, peluang Evans sangat kecil karena saat ini masih tertinggal 17 poin di belakang Ogier. Artinya, jika finish podium atau kalah tipis dari Evans maka Ogier kembali jadi juara dunia.

"Datang ke sini kami sebenarnya punya target tinggi (mengunci gelar 2021), tapi tak berjalan karena beberapa alasan. Tapi, kami masih dalam posisi menguntungkan dalam perburuan gelar," ucap Ogier yang sejak awal lomba tak kunjung menemukan set up yang cocok untuk lintasan Catalunya.

Evans pun kecewa dengan kegagalannya jadi juara di Catalunya.

"Ini bukan hasil yang kami inginkan, tapi inilah yang terjadi," kata pembalap asal Wales itu yang harus memancang target juara di Monza, dan sisanya menunggu hasil finish Ogier di lomba yang sama. (rnp)

KLASEMEN SEMENTARA WRC 2021: 1. Sebastien Ogier (204), 2. Elfyn Evans (187), 3. Thierry Neuville (159), 4. Kalle Rovanpera (140), 5. Ott Tanak (128)

KLASEMEN KONSTRUKTOR SEMENTARA WRC 2021: 1. Toyota Gazoo Racing WRT (476), 2. Hyundai Shell Mobis WRT (429), 3. M-Sport Ford WRT (190)

 

 

 

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas