F1 2021 AS: Target Ambisius Red Bull Honda, Finish 1 - 2 di Sarang Mercedes

Minggu, 24/10/2021 11:28 WIB

mobilinanews (AS) - Mencengangkan! Ternyata Max Verstappen mampu memutus dominasi Mercedes di COTA (Circuit of the America), Austin, Texas, yang selama ini menjadi sarang Mercedes merebut poin maksimal. Justru tim Red Bull Honda yang berpesta sementara di sana.

Dalam sesi kualifikasi pada Sabtu waktu AS atau Minggu (24-10-2024) subuh WIB, Verstappen sukses mendapuk pole position kali pertamanya di COTA. Ia mengalahkan Lewis Hamilton (Mercedes) yang selama ini berkuasa di COTA dengan marjin waktu 0,209 detik.

Kedua driver yang bersaing ketat dalam perebutan gelar 2021 ini start dari front row pada raceday Minggu waktu AS atau Senin (26/10/2021) dinihari WIB.

Mengingat panasnya persaingan, sprint race menuju T1 pada balapan besok berpotensi jadi insiden lanjutan seperti terjadi sebelumnya. Kedua pembalap sudah antisipasi hal itu dan artikelnya akan dimuat tersendiri setelah ini.

Pesta Red Bull Honda semakin lengkap dengan hadirnya Sergio Perez di posisi start ketiga. Catatan waktu pembalap Meksiko ini pun mengesankan. Hanya berjarak 0,015 detik dengan Hamilton.

Maknanya, pembalap kedua Red Bull Honda itu punya speed yang bisa mengimbangi W12-nya Mercedes. Dan, pastinya Perez bisa berperan sebagai `pengacau` buat Hamilton dan sebaliknya menjadi `pembantu` bagi Verstappen.

Pembalap kedua Mercedes, Valtteri Bottas, finish P4 di kualifikasi, namun ia akan start dari P9 akibat grid penalty usai ganti ICE (Internal Combustion Engine) pada power unit mobilnya.

Usai kualifikasi para ahli strategi Red Bull langsung melakukan berbagai simulasi menyusun strategi di garis start dan beberapa kemungkinan yang harus diantispasi selama balapan, termasuk taktik pitstop untuk kedua driver-nya. 

Verstappen mensyukuri keberadaan team mate-nya di P3. Itu memudahkan tim menysun langkah-langkah strategis tak hanya di awal tapi bisa di sepanjang balapan berdurasi 56 laps. Ia pun merasa lebih percaya diri dengan 2 unit RB16B berada di 3 Besar.

Meski begitu, Verstappen menyebut ini tak sepenuhnya sebagai kejutan. Tetapi, lebih tepat sebagai perjuangan dan usaha keras yang dilakukan tim sejak sesi latihan.

Pasalnya, sejak awal Red  Bull sudah menempatkan COTA bukan favorit mereka karena semua seri COTA selama ini dimenangkan Mercedes. Terlebih lagi performa Verstappen tak positif di sepanjang sesi latihan.

"Jika melihat yang terjadi sebelumnya, ini memang sedikit mengejutkan. Kami sedikit frustrasi saat teringgal 0,9 detik di FP1. Itu membuat kami bekerja lebih keras, lebih keras hingga larut malam. Sedikit demi sedikit kami berkembang dan puncaknya di Q3. Proses ini yang membuat saya sangat bahagia," ucap Verstappen.

Hamilton sendiri mengaku heran dari mana lawannya dapat tambahan kecepatan di kualifikasi. Ia sendiri merasa mobilnya baik-baik saja dan tak ada penurunan performa. 

"Mereka hanya lebih cepat saja saat ini. Tugas kami untuk mencari tahu dimana kekurangan kami. Yang jelas start dari P2 bukan alasan untuk tak percaya diri. Saya justru happy melihat begitu banyak penonton yang hadir di sirkuit ini, dan mereka layak mendapat totonan hebat pada balapan esok," kata Hamilton yang saat ini tertinggal 6 poin dari Verstappen di klasemen sementara.

Ya, penonton di Austin memang luar biasa, 140.000 orang. Sebagian besar adalah pendukung Perez yang berdatangan dari Meksiko maupun warga Meksiko yang banyak berdomisili di Texas dan sekitarnya. Tak salah jika Perez selalu merasa jadi local hero setiap kali balapan di COTA.

"Proses adaptasi saya (di Red Bull musim ini) memang tak semulus yang diharapkan, namun ada progres positif. Besok balapan panjang, tapi saya yakin bisa berbuat sesuatu untuk tim. Target kami adalah finish 1-2 dan itu bisa diraih dengan perjuangan dan strategiyang tepat," kata eks pembalap Racing Point itu.

So, balapan 56 laps besok tak hanya menarik menanti duel ulangan Hamilton vs Verstappen. Tetapi menarik juga menanti peran yang akan dimainkan Perez dan bagaimana ia memainkannya. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman