F1 2021 : Bos Mercedes AMG Malah Ingin Verstappen Kalahkan Hamilton, Alasannya Sederhana

Selasa, 02/11/2021 18:20 WIB

mobilinanews (Jerman) - Tak semua orang Jerman pro Mercedes. Juga ada bos tim Mercedes yang malah ingin Red Bull Honda mengalahkan Mercedes tahun ini lewat Max Verstappen. Ia adalah Hubert Haupt yang popular di kancah motorsport Jerman.

Haupt adalah team owner sekaligus driver 3 unit Mercedes AMG di ajang balap turing sohor di Eropa, DTM. Tentu ia selalu mengikuti perkembangan F1, terutama rivalitas sengit Veerstappen lawan Lewis Hamilton dalam perburuan gelar 2021.

Uniknya, pengusaha sukses berumur 52 tahun ini malah mendukung dan berharap Verstappen yang juara dunia tahun ini. Bukan Hamilton yang notabene andalan Mercedes.

Alasannya sederhana saja, agar ada penyegaran di F1. Juaranya bukan itu-itu saja.

"Sudah waktunya ada seseorang selain Lewis (Hamilton) yang menjadi juara dunia F1. Loyalitas saya kepada Mercedes jelas, tapi itu di DTM. Di Formula 1 lain ceritanya. Saya pikir akan besar pengaruhnya buat F1 jika tahun ini Red Bull bisa mengalahkan Mercedes," ucap Haupt dalam wawancaranya dengan media Sport1.

Hanya saja Haupt masih khawatir apakah Verstappen bisa mengalahkan Hamilton dalam perebutan gelar meski saat ini sudah uggul 12 poin dengan 5 race sisa.

"Dari 5 sirkuit itu ada beberapa yang lebih menguntungkan Mercedes. Saya harap Max bisa mengelola keunggulan poinnya," ujar Haupt.

Kebanyakan pengamat menyebut Max Verstappen diuntungkan pada dua trek balapan di Meksiko akhir pekan ini dan Brasil pekan depan. Tak lain karena lokasi sirkuit yang berada di ketinggian, 2,2 km di atas permukaan laut.

Itu ditengarai kurang cocok untuk mesin Mercedes lantaran udara tipis dan kurangnya oksigen yang akan memenagruhi kinerja mesin Mercedes. Diperkirakan sekitar 25% keandalan Mercedes akan berkurang dalam situasi itu.

Haupt pun sependapat dengan hal itu. Ia menilai, Verstappen punya peluang bagus menambah pundi-pundi poinnya di Meksiko dan Brasil.

"Bila ia dapat skor bagus di dua race berikutnya, saya kira Max bisa bertahan hingga akhir musim," tegas Haupt. (rnp)

TERKINI
Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua Kalangan, Cicilan Ringan, Konsumen Bisa Memiliki Tanpa Uang Muka Ternyata Honda FL5 dan Hyundai N TCR Diangkut Pesawat ke Sepang, Oleh Bee Logistics Transworld Perusahaan Milik Perally H. Andy Surya Santosa Wuling Cloud EV, Mobil Listrik Futuristik Dilengkapi Fitur Canggih Untuk Kenyamanan