MotoGP 2021: Masih Lapar Gelar, Fabio Quartararo Berburu Trofi di 2 Round Terakhir

Kamis, 04/11/2021 00:18 WIB

mobilinanews (Italia) - Sudah memastikan juara dunia pembalap 2021, kini Fabio Quartararo bisa fokus dan lebih antusias mewujudkan ambis Yamaha meraih triple winner pada musim ini. Dua gelar masih tersisa untuk diperjuangkan mulai pekan ini.

Triple winner dengan menguasai kejuaraan dunia pembalap, konstruktor dan kejuaraan tim adalah obsesi semua tim pabrikan di MotoGP. Tentu itu bukan hal yang mudah. 

Honda menjadi pabrikan teakhir, 2019, yang mendapuk semua gelar itu saat Marc Marquez berpasangan dengan Jorge Lorenzo. Namun, sekadar mengingtatkan saja, saat itu Marquez berjuang sendirian. Ia mendapuk total poin 420 sedangkan Lorenzo hanya mampu meraih 28 angka.

Kini Yamaha punya kesempatan treble lewat duet Quartararo dan Franco Morbidelli. Di kelas konstruktor, Yamaha saat ini tertinggal 12 angka dari Ducati.

Sementara di kejuaraan tim, duet Ducati Francesco Bagnaia dan Jack Miller tertinggal 13 poin dari skuad Yamaha. Artinya, kedua tim masih adu gempur di dua seri sisa Portimao an Valencia.

Lewat rilis tim Yamaha, Quartararo bilang tak sabar lagi menuju GP Algarve di Portimao, Portuigal, pekan ini untuk memburu dua tambahan gelar buat Yamaha. Dari segi apa pun ia sudah siap.

Motornya terbukti mumpuni di Sirkuit Portimao yang naik turun di perbuktian itu, dengan hasil P1 diGP Portugal medio April silam. Secara psikologis kondisinya lagi bagus-bagusnya setelah pastikan gelar dunia  pembalap di Misano.

"Sekarang saya tak lagi harus memikirkan poin dan klasemen pembalap di setiap saat. Saya bisa kembali ke pola pikir seperti saat datang ke Portimao lalu, yakni bertanding lepas dengan tujuan kemenangan. Ini yang ingin saya ulang," ungkap pembalap Prancis pertama yang juara dunia MotoGP ini.

"Saya sangat penasaran untuk melihat apa yang bisa kami lakukan pekan ini. Kejuaraan tim dan konstruktor harus diperjuangkan," yakin Quartararo.

Morbidelli yang baru sembuh cedera lutut dan promosi ke tim pabrikan menggantikan Maverick Vinales, tak kalah bergairah. Ia dituntut bahu membahu dengan Quartararo untuk mempertahankan keunggulan di kejuaraan tim hingga usai kompetisi tahun ini.

"Portimao yang terdekat menjadi tantangan tersendiri. Saya belum tahu seberapa besar kekuatan fisik yang dibutuhkan mengitari trek itu. namun lutt saya sudah membaik dari minggu ke minggu. Semoga saya bisa menikmati balapan di sini seperti sebelumnya, saya menantikan itu," ujar rider asal Italia ini. 

GP Algarve di Portimao, Portugal dimulai dengan dua sesi latihan bebas pada Jumat, 5 November 2021. (rnp)

 

 

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik