Sean Gelael Cs Berpeluang Juara Dunia WEC 2021, Ini Kalkulasi Poin di 8 Hours of Bahrain

Kamis, 04/11/2021 14:48 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Kejuaraan dunia balap ketahanan FIA World Endurance Championship 2021 kelas LMP2 memasuki round terakhir sekaligus penentuan gelar juara dunia.

Balapan ini akan berlangsung di sirkuit Sakhir, Bahrain dalam durasi 8 jam bertajuk 8 Hours of Bahrain.

Pembalap Indonesia Sean Gelael yang berkolaborasi dengan pembalap Inggris Tom Blomqvist serta pembalap Belgia Stoffel Vandoorne akan berjuang mendapatkan gelar juara dunia.

Pada klasemen sementara, pembalap Jagonya Ayam KFC Indonesia yang didukung Pertamina dan BNI ini menduduki peringkat kedua.

Bertarung dengan bendera tim JOTA Sport, para pembalap yang memakai nomor mobil 28 ini hanya berjarak lima poin dari pimpinan klasemen, tim WRT. Mereka juga akan bersaing dengan rekan setimnya bernomor mobil 38 yang berada di peringkat tiga dengan nilai 38.

Tiga tim inilah yang memiliki peluang besar untuk merebut gelar juara dunia pada balapan hari
Sabtu (6/11/2021) akhir pekan ini.

Karena balapan berdurasi 8 jam, poin berlipat menjadi 1,5 kali dari lomba 6 jam. Pemenang meraih 38 angka, runner-up 27, posisi tiga 23, dan seterusnya. Sementara untuk peraih pole position tetap meraih 1 angka.

Sean dan JOTA #28 bisa langsung dinobatkan menjadi juara bila memenangi balapan, di mana pun posisi rival utama mereka finish.

Bila Sean dkk. finish sebagai runner-up, maka syarat jadi juara adalah: WRT #31 harus finish di luar podium dan JOTA #38 menang tapi tidak meraih 1 poin dari pole position, atau finish di posisi tiga ke bawah

Bila JOTA #28 finish di posisi tiga, dan meraih 1 poin pole, maka WRT #31 harus finish di posisi 4 atau lebih buruk, sedangkan JOTA #38 finish di posisi dua atau lebih buruk

Bila Sean, Stoffel, dan Tom finish di posisi 4, maka WRT #31 finish di posisi 6 atau lebih buruk dan JOTA #38 finish di posisi 2 atau lebih buruk serta Tim United Autosports USA #22 menang, tapi JOTA #28 dapat tambahan 1 poin pole.

Untuk posisi finish Sean cs di luar 4 besar, tinggal melihat posisi para rival yang berselisih lebih dari 5 poin (terhadap WRT #31) dan juga terhadap JOTA #38. 

"Perburuan gelar benar-benar sengit. Kami masih mesti menemukan lagi sedikit kecepatan untuk jadi juara dan kami akan berusaha keras untuk itu," kata Tom.

"Saatnya habis-habisan, satu race lagi untuk menjadi yang terbaik di dunia," timpal Sean.

Balapan 8 Hours of Bahrain digelar Sabtu (6/11/2021) dan disiarkan langsung di kanal youtube KUY Entertainment dan website www.sean-gelael.com mulai pukul 18.00 WIB. (bs)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo