Sukses dengan BL-SEVO1, Universitas Budi Luhur Target Kembangkan Kendaraan Listrik Baru

Senin, 08/11/2021 07:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kegigihan universitas Budi Luhur dalam mengembangkan kendaraan listrik menjadi salah satu pelecut bagi semua pihak di Indonesia bahwa Anak bangsa bisa menghasilkan inovasi yang luar biasa dalam hal elektrifikasi.

Motor listrik BL-SEV01 hasil karya Universitas Budi Luhur membuktikan hal tersebut, tunggangan BL-SEVO1 bersama tim, berhasil sukses melakukan touring Jakarta – Mandalika, dengan berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Keikutsertaannya dalam pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 atas undangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadi apresiasi sekaligus dukungan untuk terus ada dijalur pengembangan kendaraan listri untuk membanggakan bangsa.

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M. memaparkan bahwa partisipasi ini untuk membuktikan sebagai universitas yang memiliki pusat studi kendaraan listrik ingin menunjukkan hasil karya mahasiswa dan dosen selama ini.

Untuk ke depannya, lanjut Rektor Wendi, civitas Universitas Budi Luhur berencana akan terus mengikuti even-even seperti ini, sebagai bentuk dukungannya dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor.

“Tahun depan, target kami adalah merancang lagi produk baru yang berkaitan dengan kendaraan listrik. Terlebih Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar ajang balap Formula E. Tentunya momen ini jadi momen penting bagi UBL untuk berperan aktif mendukung wilayah Jakarta tetap bersih dari polusi udara,” kata Wendi.

Untuk diketahaui, spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW PEAK, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Dengan spesifikasi baterai tersebut, motor listrik ini bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian 4 jam.

Dalam mengeksekusi Touring Jakarta – Mandalika motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika, membawa 3 set baterai, yang masing–masing mampu menempuh 100–140 km. Jadi ketika baterai habis, tim BL-SEV01 langsung mengganti baterai dengan sistem swab. Rata–rata menempuh perjalanan 300 Km.(elk)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas