Inovasi Teknologi Mumpuni, Truk Isuzu Siap Jalankan Kebijakan EURO 4

Sabtu, 13/11/2021 06:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) siap mengikuti penerapan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel yang akan diterapkan tahun 2022, sesuai aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020. 

Sebagai salah satu pemain utama di pasar kendaraan komersial, Isuzu sudah terbiasa melakukan inovasi, bahkan sebelum aturan ini mulai bergulir. Mereka sudah memproduksi kendaraan niaga bermesin diesel dengan teknologi commonrail sejak tahun 2011, lewat Isuzu GIGA.

Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI), Tonton Eko menjelaskan, pada tahun 2018, mereka memperkenalkan produk Isuzu Elf NMR 81 yang sudah menggunakan mesin commonrail.

“Kami mengerti kekhawatiran para pengusaha truk, driver, maupun mekanik, namun sebagai partner sejati, kami ISUZU siap mendampingi Anda untuk setiap langkah dalam perjalanan bisnis customer menuju sukses,” kata Tonton di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (12/11/2021)

Selanjutnya tahun 2019 Isuzu Indonesia juga melakukan ekspor perdana Isuzu Traga ke negara Filipina yang sudah menggunakan mesin dengan standard E4. Persiapan truk yang ramah lingkungan sudah berjalan lama, sehingga tinggal menunggu penerapannya.

Meskipun ada improvement teknologi, Isuzu tetap berkomitmen untuk mempertahankan DNA Isuzu yang irit bahan bakar sehingga operational cost yang ditimbulkan karena bahan bakar mahal dapat ditekan.

Apalagi Isuzu sudah melakukan performance test yang menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar unit Euro4 Isuzu lebih irit dibandingkan unit Euro2 Isuzu. Tapi semuanya tergantung cara berkendara, berat muatan, jenis jalan dan medan, dan sebagainya.

Dengan pengalaman Isuzu 10 tahun dengan mesin commonrail membuktikan kalau produk Isuzu diterima dengan baik oleh masyarakat dan mekanik Isuzu juga sudah lebih siap. Begitu juga dengan penyediaan suku cadang. 

Saat ini, Isuzu memiliki 145 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), 2.403 partshop, dan juga 73 Bengkel Mitra Isuzu (BMI) yang tentunya akan siap memberikan pelayanan purna jual yang maksimal ketika EURO4 telah diimplementasikan nanti.

Pertamina Dukung Euro 4

Berkaitan dengan penerapan kendaraan komersial dengan mesin diesel standar Euro4, Pertamina juga telah menyiapkan bahan bakar yang sesuai untuk mensupport kendaraan komersial di Tanah Air.

Manager Product and Service Development PT Pertamina Patra Niaga, Remigius Choerniadi Tomo menyambut baik kebijakan EURO 4 untuk mendukung kendaraan-kendaraan truk di Indonesia

"Kami yakin Desember 2021 ini ketersediaan BBM-nya sudah ada dan mulai dipasarkan April 2022 ke seluruh SPBU Pertamina di kota-kota besar di Indonesia," ungkap Remigius

Remigius menjelaskan, dari sekitar 5.000 an SPBU Pertamina, sekitar 2.000 an SPBU sudah siap menjual BBM jenis Pertamina Dex, dan seiring dengan berkembangnya waktu, populasinya akan terus menyebar ke seluruh SPBU Pertamina yang ada di Indonesia.(elk)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!