F1 GP Abu Dhabi : Nico Rosberg Cetak Hattrick

Minggu, 29/11/2015 23:13 WIB

mobilinanews - Tim Formula One (F1) Mercedes kembali menunjukan dominasi mereka di ajang balapan mobil Formula. Seri GP Abu Dhabi yang berlangsung hari ini, Minggu (29/11) menempatkan duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton di atas podium 1 dan 2.

Kemenangan ini sekaligus membawa Nico Rosberg mencatat hattrick setelah di dua seri sebelumnya, GP Meksiko dan GP Brasil, Rosberg juga menjadi juara.

Di posisi ketiga, GP Abu Dhabi yang berlangsung di sirkuit Yas Marina mencatatkan nama Kimi Raikkonen yang berhasil mempecundangi Sebastian Vettel.

Keperkasaan Rosberg sudah terlihat sejak free practice kedua dimana ia menjadi yang tercepat. Kemudian hasil kualifikasi membawanya menempati start dari pole position, diikuti oleh Lewis Hamilton. Sementara Kimi Raikkonen, Sergio Perez, Daniel Ricciardo masing-masing membuntuti di belakang keduanya.

Lap awal diwarnai dengan insiden antara Fernando Alonso dan Pastor Maldonado di turn 1. Akibatnya Maldonado terhenti dan Alonso dihadiahi penalti.

Yang menarik adalah melihat perjuangan Sebastian Vettel di Yas Marina. Start dari urutan ke-16, Vettel bisa menyodok ke depan dan finish di posisi ke-empat.

GP Abu Dhabi menjadi seri pamungkas kejuaraan F1 2015 yang juaranya sudah dikunci oleh Lewis Hamilton saat GP Brasil berakhir 16 November 2015 lalu.

Race Terakhir GP2 Dibatalkan

Sementara pada ajang Formula GP2, race terakhir yang harusnya digelar sebelum balapan utama F1 harus dibatalkan. Sebenarnya race sudah sempat berjalan, namun akibat crash yang melibatkan banyak pebalap sesaat setelah start, maka race director pun langsung mengambil keputusan untuk menghentikan lomba.

Hasil ini tentu saja sangat merugikan pebalap Formula GP2 kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto. Rio yang start di posisi kedua punya kesempatan besar meraih posisi juara ketiga championship, karena hanya beda satu point saja dengan Sirotkin.

Akibat lomba dihentikan, tentu saja tidak ada penambahan point bagi masing-masing pebalap. Dengan demikian, Rio Haryanto harus rela tetap berada di urutan ke-empat championship GP2 2015.
 
Hasil GP Abu Dhabi 2015 :
1. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 55 laps 1hr 38m 30.175s
2. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes +8.2s
3. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +19.4s
4. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +43.7s
5. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +63.9s
6. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +65.0s
7. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +93.6s
8. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +97.7s
9. Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes +98.2s
10. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +102.3
11. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault +103.5
12. Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault +1 lap
13. Jenson Button GBR McLaren-Honda +1 lap
14. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1 lap
15. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap
16. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +1 lap
17. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +2 laps
18. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +2 laps
19. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +3 laps

Gagal Finish : Maldonado

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo