Sprint Rally 2021: Rifat dan Rizal Sungkar Kembali Juara Nasional Bersamaan, Dibedakan Group!

Selasa, 30/11/2021 16:48 WIB

mobilinanews (Meikarta) - Tidak hanya Rifat Sungkar yang memastikan menjadi juara nasional Sprint Rally 2021 di kejuaraan umum (kelas M1), tetapi sang adik Rizal Sungkar ternyata juga menyandang predikat yang sama. Hanya saja, di group yang berbeda.

Ijal - panggilan akrab Rizal Sungkar - memastikan menjadi juara nasional setelah kembali menjadi yang tercepat Group F putaran 4 Kejurnas Sprint Rally di Central Park Meikarta, Cikarang, Bekasi, Sabtu-Minggu (27-28/11/2021) kemarin.

Dari 4 Special Stage (SS) yang harus dilahap pada 2 hari perlombaan, Ijal yang dinavigatori pembalap senior serbabisa Gerry Rosanto melakukan sapu bersih seluruh SS.

Rifat dan Rizal Sungkar bersama mendiang ayahanda Helmy Sungkar saat terima penghargaan di IMI Award 2017

Pada SS1, mencetak waktu 4:14,23, SS2 dengan 4:17,86, SS3 dengan 1:33.21 dan SS4 dengan 4:02,34 sehingga menghasilkan waktu tercepat 14:07,64.

Yang menarik, duet Ijal dan Gerry meraih titel juara nasional kali ini dengan mengandalkan Mitsubishi Lancer Gti yang pernah ngehit pada tahun 90-2000an dan mengantarkan keduanya menjadi yang terbaik.  

"Mitsubishi Lancer Gti adalah mobil yang mengantar gue juara nasional GR-2 (sekarang group F) era awal tahun 2000an," senyum Ijal mengenang.

Dan ternyata juga, menjadi mobil andalan Gerry Rosanto yang saat itu sebagai driver. "Lancer Gti ini jagoanku di era itu. Yah, memang saya masih lebih banyak sebagai driver sih. Kalau jadi navigator sebelum sama Ijal ini, saya pernah jadi navigatornya Surip (Arief Indiarto)," sambung Gerry.

Ijal dan Gerry di podium juara 1 kelas F3 Meikarta Sprint Rally 2021

Sehingga keduanya seperti bernostalgia kembali dengan memakai Lancer Gti di Kejurnas Sprint Rally tahun ini. Yang membedakan, kali ini Gerry duduk mendampingi Ijal sebagai co-pilot.

Kebetulan juga, Raymond Wong sang pemilik mobil Lancer Gti rela meminjamkan untuk Ijal dan Gerry yang dinilai lebih cocok mengendarai untuk ajang kompetisi Kejurnas Sprint Rally.

Apalagi mobil sudah dimodifikasi dengan teknologi terkini, seperti diakui Ijal. "Sangat berbeda dengan Lancer Gti yang gue pakai pas juara nasional awal 2000an dulu. Dari ECU, horse power, gearbox, suspensi, brake system sudah mengikuti teknologi terbaru," ungkap Ijal.

"Cocok dengan gaya nyetir Ijal, seperti kelas dunia, nyaris tanpa ngerem hehe," sambung Gerry yang bersama Ijal mengibarkan bendera Banteng Motorsport.

Lancer Gti dengan teknologi terkini mengantar Rizal Sungkar juara nasional 2021

Menjadi klop dan nyetel, karena antara Ijal dan Gerry sudah terjadi chemistry. "Kalau Ijal sama Gerry itu sudah terjalin chemistry. Karena waktu tahun 90-an, Gerry "ngemong" (ikut menjagain) Rifat dan Rizal kalau saya sedang turun di Slalom," tambah Ria Sungkar, ibunda Ijal dan Rifat.

Keberhasilan secara bersamaan kakak-adik Rifat dan Rizal Sungkar sebagai juara nasional tahun ini bukanlah yang pertama. Pada tahun 2001-2003, mereka telah menyandang juara nasional bersama : Rifat jurnas rally, Ijal jurnas Sprint Rally.

"Salah satu yang saya ingat, tahun 2017, Rifat dan Ijal juga juara nasional di tahun yang sama. Rifat juara nasional rally, Ijal juara nasional Sprint Rally. Kalau tahun ini, keduanya juara nasional Sprint Rally, tapi beda group (kelas)," sambung Ria Sungkar

Performance Ijal tahun ini terasa istimewa, karena sudah leading poin sejak putaran 2 di sirkuit Asoka Resort Forest Hill, Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, 24 Oktober lalu.  

Pernah ngemong di tahun 90-an, Ijal dan Gerry mudah jalin chemistry

Sejak itu, putra kedua mendiang Helmy Sungkar dan Ria Sungkar ini terus bertengger di puncak klasemen, dengan torehan waktu tercepat "mengalahkan" mobil-mobil four wheel. Sementara Lancer Gti merupakan mobil berpenggerak 2 roda. 

"Tak lupa, kami sampaikan terima kasih pada Banteng Motorsport, RFT motorsport dan Tekad mengalahkan Takdir Rally team (timnya Raymond Wong) yang telah merealisasikan misi nostalgia kami dengan berhasil menyandang titel juara nasional Group F," pungkas Ijal dan Gerry.

Selamat untuk Ijal, Rifat, Redwan dan Gerry, serta angkat piala kebanggaan kita. (wan)

 

 

 

TERKINI
Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia