Rakernas IOF 2021 : Sertifikasi R4 Untuk Menyiapkan SDM Andal di Daerah!

Selasa, 30/11/2021 21:38 WIB

mobilinanews (Malino) - Secara rutin dan berkala, Indonesia Off-road Federation (IOF) sebagai regulator offroad di tanah air mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi R4. Tempatnya selalu bergantian antar pulau agar peserta bisa terjangkau seluruh Nusantara.

Yang terbaru Pelatihan dan Sertifikasi R4 diadakan bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IOF 2021 di Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bedanya, waktu pelatihan lebih awal dua hari, Kamis dan Jumat (25-26/11/2021).

Yaps! Bagi penyelenggara event offroad di tanah air, wajib memiliki Sertifikasi Kompetisi. Tanpa mengantongi Sertifikat C1 sampai C7, jangan harap izin dikeluarkan IOF. Makanya, penyelenggara event, mulai dari Technical Delegate, Event Director, Race Director, Scrutineering, Kamar Hitung dan Marshall harus mempunyai sertifikasi keahlian.

Caranya, ya harus ikut diklat pelatihan dan lulus ujian sesuai bidangnya masing-masing. Dengan demikian, tersedia Sumber Daya Manusia (SDM) handal di setiap Pengurus Daerah (Pengda) IOF Seluruh Nusantara. Seperti yang baru saja digelar di Malino, Sulawesi Selatan.

Lengkapnya, Sertifikat C1 adalah yang paling tinggi untuk Instruktur, Ahli atau Nara Sumber di bidang event yang memahami semua aturan dan regulasi, termasuk founder IOF. Lanjut C2 buat Technical Delegate, Juri atau Pengawas Perlombaan. Sedangkan C3 diberikan kepada Event Director atau Pimpinan Perlombaan.

Nah, bedanya C2 dan C3 berdasarkan kategori divisi. Tinggal pilih, divisi mana dari 5 divisi yang ada di bawah IOF. Kalau C4 itu bagi Competition atau Race Director termasuk Track Master.

Berikutnya C5 pegangan untuk petugas Scrutineering, C6 buat Scorer atau Kamar Hitung, serta C7 khusus Marshall atau Time Keeper. Ada satu lagi, C7S untuk petugas khusus safety. Klop kan?

"Kami dari Pengda IOF Sumbar mengutus Eko Muhammad Ikhwan dan Ardeni Jack untuk menjadi peserta Pelatihan dan Sertifikasi R4 IOF di Malino. Kalau Iwan Cauak dari Batusangkar ambil C3 dan C4, sedangkan Jack ikuti C8 sebagai Safety Officer," beber Verry Mulyadi, Ketua Pengda IOF Sumbar.

"Dengan demikian, Pengda IOF Sumbar sudah memiliki SDM di semua bagian. Ini target saya sebagai Ketua. Nantinya kita usulkan ke PP IOF agar merekomendasikan sertifikat dari anggota yang tidak aktif alias mati untuk kita refresh lagi. Semakin lengkap sertifikat di daerah, makin siap kita menggelar apapun kejuaraan offroad nantinya," pungkas Verry Mulyadi.

Siplah! (bangVe)

 

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo