Perkuat Inovasi Bisnis, Pertamina Lubricants Gandeng Google Cloud Indonesia

Selasa, 14/12/2021 11:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Pertamina Lubricants (PTPL), melalui PT Pertamina Patra Niaga bersinergi dengan Google Cloud Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung transformasi end to end digitalization di semua lini bisnisnya.

MOU yang ditandatangani di Gedung Pertamax, Grha Pertamina hari Senin, (13/12/2021) akan mengawal proses produksi, sales & marketing, operasi, supply chain, logistik hingga digitalisasi bersama pelanggan dan konsumen.

Kerjasama ini juga sejalan dengan rencana jangka panjang untuk mendukung komitmen Go Digital Pertamina dan program “Making Indonesia 4.0” yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

Direktur Finance & Business Support PTPL Catur Dermawan mengatakan melalui teknologi digitak berbasis internet ini, bisa menjadi kunci pertumbuhan bisnis dalam implementasi, industri 4.0 di PTPL sudah berjalan sejak tahun 2020.

"Dengan misi utama “developing integrated platform & services”, sinergi dengan Google Cloud, kami secara agresif akan melakukan modernisasi infrastruktur dan aplikasi bisnis yang terintegrasi, tepat sasaran dan mampu memberikan nilai lebih kepada bisnis kami secara berkelanjutan,” tutur Catur.

MoU antara PTPL dan Google Cloud Indonesia ini mencakup beberapa pilar strategis yang akan mendorong efisiensi biaya dan operasional dan mengakselerasi inovasi produk dan layanan kepada konsumen dan masyarakat.

Selain mendukung pembangunan infrastruktur IT yang lebih aman dan cepat, kerjasama ini akan memanfaatkan layanan Google Cloud seperti big data analytics, smart data analytics, machine learning, artificial intelligence, dan fitur lainnya untuk mengembangkan layanan ke konsumen.

Catur melanjutkan bahwa, data yang terintegrasi dan tersentralisasi akan membantu kami dalam melakukan analisa yang lebih komprehensif sehingga mampu mengambil keputusan bisnis yang tepat dan melahirkan inovasi berdasarkan data.

Country Director, Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie mengungkapkan dengan basis data yang dimiliknya dapat membatu Pertamina Lunricants mencapai tujuan-tujuannya.

Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya membantu Pertamina meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga mempercepat inovasi berbasis data mereka demi terwujudnya pertumbuhan jangka panjang dan sebagai bagian dari pertumbuhan Indonesia," tutur Megawaty Khie.(elk)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas