F1 2021: Akhirnya Mercedes Batalkan Banding, Max Verstappen Dikukuhkan Sebagai Juara Dunia!

Kamis, 16/12/2021 19:46 WIB

mobilinanews (Inggris) - Malam anugerah FIA pada Kamis (16/12/2021) malam ini WIB di Paris, Prancis, jadi ajang penobatan Max Verstappen jadi juara dunia 2021. Tak ada lagi ganjalan hukum setelah Mercedes batalkan bandingnya.

Kemungkinan pembatalan itu memang sudah terdengar santer sejak kemarin malam usai Lewis Hamilton dinobatkan sebagai bangsawan bergelar Sir oleh Pangeran Charles di Inggris. 

Hamilton dikabarkan tak ingin menjadi juara dunia lewat meja sidang FIA tapi ingin meraih gelar itu lewat balapan di trek. Ia pun minta timnya untuk tidak melanjutkan perkara.

Dan, sore ini Mercedes menyatakan batal memasukkan upaya banding sesuai deadline pada hari ini. Sayangnya, sikap tim pabrikan Jerman itu tidak resmi diajukan kepada FIA. Tapi lewat twitter kepada komunitas dan pecinta F1.

Dalam surat itu Mercedes menjelaskan mengapa mereka ajukan protes, tak lain karena upaya untuk menegakkan aturan yang seragam di F1.

Karena itu pula mereka menyambut baik inisiatif FIA untuk menginvestigasi ulang hasil akhir GP Abu Dhabi yang menjadikan Verstappen menjadi juara dunia secara kontroversial. Mercedes berharap investigasi ini melahirkan regulasi yang tegas dan jelas untuk masa mendatang.

Dalam pernyataan itu Mercedes juga ucapkan selamat kepada Versappen dan Red Bull Racing dengan menyebut duel musim ini sangat epik.

"Kami menunggu duel berikutnya tahun depan di dalam lintasan," tulis Mercedes.

Tak masalah jika Mercedes tak membuat surat resmi ke FIA. Dengan tidak melayangkan upaya banding dan bukti baru pada hari ini, otomatis itu adalah pengakuan pada hasil yang sudah ditetapkan FIA.

Sebagai runner up musim ini, Hamilton juga harus hadir pada acara malam ini untuk dampingi Verstappen mendapatkan trofi kejuaraan dunia. Jika tak hadir, Hamilton akan dikenai sanksi denda. (rnp)


 

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali