F1 2021: Max Verstappen Terima Trofi Juara Dunia, Ini Daftar Rekornya Yang Fantastis

Jum'at, 17/12/2021 14:39 WIB

mobilinanews (Prancis) - Dalam kegemerlapan acara FIA Prize Giving di Paris, Prancis, Jumat (17/12) dinihari tadi WIB, Max Verstappen dikukuhkan sebagai juara dunia F1 2021. President FIA Jean Todt yang menyerahkan piala sekaligus sebagai ajang perpisahan.

Itu adalah gelar perdana Verstappen di kancah F1. Dan, itu adalah kali terakhir Todt melakoni aktivitasnya sebagai President FIA. Hari ini di kota yang sama, Paris, FIA akan memilih ketua baru setelah Todt memimpin selama tiga periode atau 12 tahun nonstop.

"Namun saya tak sedang menuju matahari terbenam," ujar pria Prancis itu untuk mengatakan sisa hidupnya tak akan pernah keluar dari motorsport yang ia cintai dan geluti sejak muda, berawal dari seorang navigator di ajang reli mobil.

Pada acara ini tak hanya para pembalap 3 Besar di F1 yang mendapat penghagaan dan pengukuhan, tapi semua cabang motorsport yang berada di bawah naungan FIA, termasuk Formula E, F2, F3 dan sebagainya. Tapi, tentu saja yang jadi bintang adalah Verstappen, pembalap Belanda pertama yang berjaya di F1.

Ditemani sang ayah, Jos Verstappen yang eks pembalap F1, dan sang kekasih Kelly Piquet yang merupakan putri legenda Brasil Nelson Piquet, Verstappen mengucap terima kasih pertama adalah kepada keluarga yang secara total mendukung karirnya di dunia balap sejak dini. Ucapan sama tentu saja kepada tim Red Bull Honda yang sudah ia anggap keluarga juga.

Tak lupa ia menyinggung kompetisi 2021 yang demikian ketat dan keras hingga seri dan lap terakhir.

"Kejuaraan tahun ini benar-benar gila, sangat luar biasa. Saya sangat menyukainya," katanya.

"Lewis (Hamilton) salah satu pembalap terhebat di F1. Kami bertarung luar bisa musim ini, berjuang hingga batas maksimal dan kadang justru melewati batas. Ada permusuhan di antara kami. Tapi itu semuanya adalah bagian dari balapan. Karena pada akhirnya di luar balapan masih ada saling hormat di antara kami. Saya tak sabar menanti musim depan untuk bertarung kembali," imbuhnya.

Hamilton sendiri tak hadir dalam acara itu, begitu pun Toto Wolff selaku bos tim Mercedes. Wolff diwakili James Allison untuk menerima trofi konstruktor yang dijuarai Mercedes. Sedangkan Valtteri Bottas yang menduduki peringkat 3 klasemen akhir, datang sendiri untuk menerima pialanya. (rnp)

REKOR F1 YANG SUDAH DIMILIKI MAX VERSTAPPEN

- pembalap termuda yang start di F1, 17 tahun 166 hari, GP Australia 2015

- pembalap termuda yang meraih poin, 17 tahun 180 hari, GP Malaysia 2015

- pembalap termuda memenangi race, 18 tahun 228 hari, GP Spanyol 2016

- pembalap termuda yang finish podium, 18 tahun 228 hari, GP Spanyol 2016

- pembalap termuda memimpin lap saat balapan, 18 tahun 228 hari, GP Spanyol 2016

- pembalap termuda mencetak fastest lap, 19 tahun 44 hari, GP Brasil 2016

- pembalap terbanyak meraih podium dalam semusim, 18 kali, musim kompetisi 2021

- 3 Oktober 2014, menjadi pembalap termuda yang tampil di sesi balap F1, 17 tahun 3 hari, saat gantikan pembalap Toro Rosso Jean-Eric Vergne di FP1 GP Jepang.

- 3 Agustus 2019, Verstappen jadi pembalap Belanda pertama yang cetak pole pos tion di GP Hungaria sekaligus rekor kecepatan di Sirkuit Hungaroring dan jadi pembalap ke-100 yang cetak pole position dalam sejarah F1.

- 3 Agustus 2021, Verstappen jadi pembalap Belanda pertama yang bisa memimpin klasemen sementara F1 setelah juara di GP Monaco.

- 1 Desmeber 2021, Verstappen menjadi pembalap Belanda pertama juara dunia F1 setelah juara di GP Abu Dhabi.

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan